Gulai Baung Makanan Para Raja yang Nikmat Disantap Saat Berbuka Puasa

Gulai Baung Makanan Para Raja yang Nikmat Disantap Saat Berbuka Puasa

Ahmad
2020-04-30 15:16:46
Gulai Baung Makanan Para Raja yang Nikmat Disantap Saat Berbuka Puasa
Foto: Istimewa

Jika berkunjung ke Sumatera Utara, Khusunya di Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel), jangan lupa untuk menikmati kulinernya. Salah satunya adalah gulai ikan baung. 

Gulai ini sangatlah lezat, terlebih jika dijadikan teman nasi hangat saat berbuka puasa. 

Ikan baung merupakan salah satu spesies ikan istimewa yang hidup di sepanjang aliran sungai Barumun. Sampai saat ini keberadaan Baung menjadi salah satu ciri khas di Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel). Tak mengherankan jika ikan ini masuk dalam salah satu ikon dalam logo Pemkab Labusel selain kelapa sawit dan karet.

Keistimewaan ikan ini juga membuat kuliner berbahan dasar ikan ini jadi begitu spesial. Salah satu masakan khas berbahan dasar Baung yang cukup populer di Labusel yakni Gulai Asam Baung. Keistimewaan itu bukan serta merta. 

Gulai asam baung diyakini masyarakat Labusel khususnya di Kotapinang sebagai menu istimewa para sultan di masa kejayaan Kesultanan Kotapinang di masa lampau.

Saat ini gulai asam baung jadi makanan khas kebanggan masyarakat Labusel. Mendapatkan kuliner ini di Labusel tak begitu sulit. Hampir seluruh warung menyediakan gulai Asam Baung sebagai menu utamanya. Harganya pun cukup murah'

Keistimewaan masakan ini, terdapat pada rasanya yang enak dan daging ikan baung terkenal lembut. Bumbu-bumbunya yang bersumber dari rempah-rempah alami membuat rasanya pun khas, sehingga membuat Anda ketagihan untuk selalu menikmatinya.

Sesuai namanya, gulai asam ikan baung berbahan dasar ikan baung yang banyak terdapat di sungai Barumun. Sedangkan bumbu-bumbunya berasal dari rempah alami plus bawang, cabai, sereh, asam belimbing, dan bahan lainnya. Perpaduan ikan dan rempah tersebut menghasilkan gulai asam yang khas. Kesan rasa yang ditimbulkannya yakni pedas, asam, dan asin, sehingga terasa segar di lidah. Aromanya pun khas, memancing selera untuk segera menikmatinya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30