Hilangkan Cemas hingga Tolak Wabah, Inilah Keutamaan Sedekah

Hilangkan Cemas hingga Tolak Wabah, Inilah Keutamaan Sedekah

Ahmad
2020-04-30 14:33:33
Hilangkan Cemas hingga Tolak Wabah, Inilah Keutamaan Sedekah
Foto: Istimewa

Sedekah merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Terdapat sejumlah keutamaan sedekah mulai dari menghilangkan cemas, menyembuhkan penyakit hingga menolak wabah.

Sedekah juga merupakan amalan yang dilakukan dengan memberikan sesuatu kepada orang lain dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan. Bentuknya tidak hanya memberikan harta dan benda. Bahkan, senyuman juga bernilai sedekah di sisi Allah.

1. Hilangkan Cemas

Allah SWT menjanjikan hati yang tenang kepada orang-orang yang bersedekah.

Janji Allah itu sesuai dengan surat Al-Baqarah ayat 274.

"Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati," terjemahan surat Al-Baqarah ayat 274.

2. Penyembuhan

Untuk mencapai sebuah penyembuhan dari berbagai penyakit, selain obat dan berbagai jenis pengobatan. Ternyata, sedekah juga dapat menyembuhkan seseorang dari penyakit yang dialaminya.

Setiap orang untuk meniatkan kesembuhan ketika bersedekah. Bahkan, Rasulullah pernah mencontohkan jika tak ada obat dari suatu penyakit, maka bersedekahlah.

Sebab, sedekah menjadi perantara menyembuhkan penyakit. Dalam syariat Islam disunahkan untuk bersedekah dengan berdoa kepada Allah untuk mengangkat penyakit tersebut.

3. Menolak wabah dan bala

Sedekah juga dapat menjadi penolak wabah dan penolak bala, terutama di masa pandemi virus corona.

4. Penghapus Dosa

Sedekah juga dapat menghapus dosa-dosa yang telah diperbuat. Hal ini sesuai dengan hadis riwayat At Tirmidzi yang menyebutkan sedekah dapat menghapus dosa seperti air memadamkan api.

5. Memberikan berkah terhadap harta

Allah menjanjikan orang yang bersedekah tidak akan kekurangan harta benda. Bahkan, Allah memberikan keberkahan pada harta tersebut dan melebihkan hartanya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30