Kabar Gembira untuk Warga Depok, Swab Test PCR Gratis Dapat Dilakukan di RSUI

Kabar Gembira untuk Warga Depok, Swab Test PCR Gratis Dapat Dilakukan di RSUI

Ahmad
2020-04-29 12:53:17
Kabar Gembira untuk Warga Depok, Swab Test PCR Gratis Dapat Dilakukan di RSUI
Foto: Istimewa

Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) memberikan layanan swab test PCR virus Corona gratis untuk warga Depok.


Hal ini dikatakan oleh Plt Dirut RSUI Sukamto mengatakan layanan tersebut akan diprioritaskan bagi warga Depok yang memiliki indikasi terjangkit virus Corona serta memiliki surat rujukan yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah melalui dinas kesehatan setempat.


"Warga masyarakat Kota Depok yang memiliki KTP atau surat keterangan domisili di Depok, memiliki indikasi, serta rujukan dari RS atau puskesmas dapat melakukan pemeriksaan swab PCR COVID-19 di RSUI tanpa perlu membayar," kata Sukamto dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu 29 April 2020.


"Rumah sakit di wilayah Kota Depok juga dapat mengirimkan sampel swab melalui UPTD Labkesda Kota Depok untuk pemeriksaan PCR COVID-19 di Laboratorium Terpadu RSUI tanpa dikenakan biaya selama memenuhi syarat dan prosedur yang telah ditetapkan UPTD Labkesda Kota Depok," ujarnya.


Dia menjelaskan, hingga saat ini, Laboratorium Terpadu RSUI telah melakukan pemeriksaan PCR COVID-19 sebanyak 270 sampel. Dari total jumlah tersebut, Sukamto menyebutkan 173 di antaranya merupakan sampel dengan pembiayaan bersubsidi.


"Kapasitas Laboratorium Terpadu RSUI saat ini dapat melakukan pemeriksaan PCR COVID-19 sebanyak 100 sampel per hari dan rencana pengembangan hingga 140 sampel per hari dalam 1 minggu ke depan. RSUI akan terus berupaya meningkatkan kapasitas pemeriksaan laboratorium untuk percepatan penanganan COVID-19," imbuhnya.


Namun, Sukamto menyebutkan, untuk masyarakat yang melakukan pemeriksaan mandiri tersebut, pembiayaan ditanggung sendiri karena hal itu di luar program subsidi pemerintah maupun bantuan donatur.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30