Peringatan Hari Tari Sedunia, Ini Tarian Indonesia yang Mendunia

Peringatan Hari Tari Sedunia, Ini Tarian Indonesia yang Mendunia

Ahmad
2020-04-29 11:02:44
Peringatan Hari Tari Sedunia, Ini Tarian Indonesia yang Mendunia
Foto: Istimewa

Sejumlah penari dan koreografer kondang akan menari bersama pada Rabu, 29 April 2020 secara online. Mereka menari dari rumah dan sanggar masing-masing seharian secara bergantian mulai pagi hingga sore dan berdiskusi dalam peringatan Hari Tari Sedunia.


Para penari dan koreografer yang sudah dikenal masyarakat itu tampil di acara bertajuk ISI Solo 24 Jam Menari Dialektika 24 Jam Biosphere VS Cybersphere. 


Mereka adalah Elly D. Luthan, Melati Suryodarmo, Rianto, Eko Supriyanto, Hartati, Kadek Puspasari, Faturahman, Nanu Munajar, Jarot B. Darsono, Yoyok B. Priambodo, Alfianto, Wahyu S.P. M dan Iwan Dadijono. Mereka akan mulai menari sejak pukul 10.00-17.00 WIB.


Perhelatan tari ini merupakan kerja inisiatif dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta yang diinisiasi oleh Eko Supriyanto. 


“Tidak hanya tampilkan koreografi, tapi juga mendiskusikan biosphere vs cyberspere ini. Bagaimana menyikapi pandemi dengaan tari sekaligus merayakan hari Tari Sedunia,” ujar Eko, Selasa 28 April 2020.


Selain kreasi dari ISI Solo, Eko mengatakan, inisiatif menari bersama secara daring juga akan dihelat oleh Keluarga Tari Indonesia. 


Pertunjukan tari secara daring ini merupakan inisiatif kedua dari Keluarga Tari Indonesia. Inisiatif pertama telah berlangsung pada 24 April 2020 saat peringatan Hari Bumi.


Para penari profesional, amatir, pelajar menyumbangkan gerak koreografi tari mereka dalam Sujud Bumi. Mereka membuat video yang berdurasi satu menit diunggah di akun media sosial masing-masing dengan tagar #sujudbumi. 


“Ini terbuka bagi siapa pun tak hanya para koreografer atau penari, tapi yang bersentuhan dengan tari,” ujar Hartati, salah satu penggagasnya.


Untuk peringatan Hari Tari Sedunia ini, siapa pun diperbolehkan mengunggah video koreografi karya mereka. 


Video berdurasi satu menit dengan koreografi bertema, gaya, musik apa pun dengan teks Doa Tari Indonesia, sinopsis, dan tim kerja. Karya harus diunggah di akun media sosial serentak mulai pukul 06.00 hingga 22.00 WIB, tidak mengandung unsur pornografi serta mematuhi nilai kesopanan dan kesantunan.


Saat mengunggah kreasi mereka, para penari atau koreografer harus memasang beberapa tagar seperti #worlddanceday #menariitusehat #haritaridunia #tariindonesia #arsiptariIndonesia #dirumahaja dan beberapa tagar lainnya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30