BUMN Lawan Covid-19, PT Pindad (Persero) Siap Sediakan Kebutuhan Alkes untuk Penanganan Corona

BUMN Lawan Covid-19, PT Pindad (Persero) Siap Sediakan Kebutuhan Alkes untuk Penanganan Corona

Dedi Sutiadi
2020-04-26 15:58:17
BUMN Lawan Covid-19, PT Pindad (Persero) Siap Sediakan Kebutuhan Alkes untuk Penanganan Corona
Ilustrasi Ventilator. (Gambar: Istimewa)

Salah satu perusahaan BUMN, PT Pindad (Persero) siap memproduksi segala kebutuhan alat kesehatan dalam penanganan virus corona. WS Sekretaris Perusahaan, Herryawan Roosdyanto mengatakan, Pindad Inc. Unggul sejak awal telah berpartisipasi aktif dalam pencegahan penyebaran Covid-19.


"Pindad Inc. Unggul siap mendukung kebutuhan Republik Indonesia untuk ventilator, APD dan lainnya," kata Herryawan dalam keterangan tertulisnya Ahad, 26 April 2020.


Adapun beberapa alat kesehatan yang rencanan akan diproduksi oleh salah satu perusahaan plat merah itu adalah Ventilator Resutitator Manual (Pindad VRM), Ventilator Covent-20 kerjasama dengan Universitas Indonesia, Disinfectan Fog Cannon, Mobile Sterilization Chamber Covid-19. Serta produk anak perusahaan PT Pindad Enjiniring Indonesia (PT PEI) yakni cairan disinfektan dan perlengkapan APD meliputi baju APD, Helm face shield dan kacamata.


Herryawan menuturkan Pindad VRM dirancang dan dikembangkan bersama tim ahli medis dari RSU Pindad sebagai solusi alternatif terhadap kekurangan ventilator dalam menangani pasien Covid-19 saat ini. Pindad VRM yang dikembangkan tersebut memilki desain yang cukup sederhana, juga menggunakan bahan baku lokal yang banyak tersedeia di pasaran. Selain itu Pindad VRM juga telah memenuhi kriteria minimum medis yang diperlukan (tidal volume, frekuensi pernapasan, dan lain-lain).


"Saat ini Pindad sedang mengajukan proses uji coba kelaikan alat ke Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK)," ujar Herryawan.


Sementara Covent-20 adalah ventilator darurat dan transportasi, dengan siklus waktu dan volume konstan yang dirancang untuk digunakan dalam pengaturan pra-rumah sakit, intra-rumah sakit, antar rumah sakit dan transportasi. Ventilator ini khusus digunakan untuk pasien dewasa dengan volume tidal dari 300 ml sampai dengan 600 ml yang berada dalam pernapasan spontan atau gangguan atau gagal pernafasan sehigga memerlukan dukungan ventilasi.Terdapat dua mode ventilasi pada Covent-20 yaitu CPAP (Oksigen terapi) dan CMV (pasien gagal nafas).


Herryawan mengklaim, Pindad adalah BUMN yang paling siap dan mumpuni secara teknologi dan fasilitas dalam membuat ventilator, alat yang dirancang untuk membantu pasien gagal nafas dengan memberikan penambahan oksigen.


"Pindad siap memproduksi secara massal ventilator jenis VRM dan Covent-20, Ventilator jenis transport ini," kata dia. 


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24