Manfaat Infused Watter Kurma dan Cara Buatnya

Manfaat Infused Watter Kurma dan Cara Buatnya

Yuli Nopiyanti
2020-04-26 12:51:47
Manfaat Infused Watter Kurma dan Cara Buatnya
Infused Watter Kurma (Foro:Dok.Istimewa)

Dibulan yang suci ini bulan Ramadhan identik dengan buah kurma. Oleh sebab itu, buah yang banyak ditemukan di Timur Tengah ini selalu dicari. Menurut hadis, Nabi Muhammad SAW biasa mengawali buka puasa dengan memakan tiga buah kurma.



Bahkan tak hanya itu saja pasalnya  Rasulullah tidak hanya mengonsumsi kurma secara utuh, tetapi juga gemar meminum air rendaman kurma yang disebut air nabeez. Saat ini, minuman yang dibuat dengan metode seperti itu dikenal sebagai infused water.



Namun ternyata infused water yang belakangan ini populer sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW.



Bahkan sebuah riwayat menceritakan, Abu Usaid As-Sa’idi pernah mengundang Nabi SAW di hari pernikahannya. Saat melayani tamu undangan, istri Abu Usaid berkata,



“Apakah kalian mengetahui apa yang aku tuangkan kepada Rasulullah Saw?”.



“Aku tuangkan kepada beliau (minuman) dari rendaman kurma semalam di dalam kuali.” (H.R. Bukhari).



Nabi Muhammad gemar mengonsumsi kurma dan air nabeez bukan tanpa alasan. Terdapat beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh seperti berikut ini:



Manfaat:

- Sumber energi: Kurma memiliki kandungan gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Oleh sebab itu, mengonsumsi kurma sangat baik jika tubuh memerlukan tambahan energi dengan cepat.



- Baik untuk pencernaan: Air nabeez yang bersifat alkali baik untuk sistem pencernaan karena dapat mengurangi kadar asam dalam perut sehingga dapat dikonsumsi siapa saja, termasuk orang yang memiliki maag atau sistem pencernaan yang sensitif. Kurma juga mengandung serat yang tinggi.



- Mencegah Kanker: Dikutip dari Healthline, kurma memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Salah satu antioksidan yang terkandung dalam buah kurma adalah flavonoid yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas, penyebab utama kerusakan sel yang mengarah pada risiko kanker.



- Detoksifikasi tubuh: Sama seperti fungsi infused waterlain yang terbuat dari buah seperti lemon, stroberi, atau timun, air nabeez juga memiliki manfaat yang sama, yakni mengeluarkan racun dari dalam tubuh.


Cara Membuat Air Nabeez

Dengan membuat air nabeez, maka nutrisi dari buah kurma akan keluar dan bercampur dengan air matang selama didiamkan semalaman. Ini adalah proses difusi osmosis yang bermanfaat bagi tubuh. Membuatnya cukup mudah:



Bahan:

- 5-7 butir Kurma (disunnahkan berjumlah ganjil)

- 1 gelas air


Cara Membuat:

1. Pisahkan kurma dari bijinya.

2. Tumbuk kurma sedikit agar dagingnya lunak.

3.Masukkan kurma dalam gelas yang berisi air.

4. Tutup rapat, diamkan selama 8 jam.

5. Simpan di suhu ruangan atau di dalam kulkas


Bahkan tak hanya itu saja sebaiknya air nabeez dibuat pada malam hari, agar dapat diminum saat sahur karena akan membuat tubuh bugar sepanjang hari. Sebelum diminum, aduk terlebih dahulu agar kurma yang sudah melunak bisa tercampur dengan air.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30