Selamat Berbuka Puasa, Ingat! Jangan Berlebihan Ketika Berbuka Puasa

Selamat Berbuka Puasa, Ingat! Jangan Berlebihan Ketika Berbuka Puasa

Dedi Sutiadi
2020-04-25 17:45:00
Selamat Berbuka Puasa, Ingat! Jangan Berlebihan Ketika Berbuka Puasa
Ilustrasi saat berbuka puasa. (Foto: Istimewa)

Waktu berbuka puasa adalah salah satu momen yang ditunggu umat muslim yang melakukan ibadah puasa. Tapi, sebaiknya jangan berlebihan mengkonsumsi makanan pada saaat berbuka.


Para ulama menganjurkan lebih baik mengkonsumi makanan secukupnya. Awali buka puasa dengan minimal 3 buat kurma, sebab, itu semua sesuai iqtiba’ (anjuran) Nabi Muhammad Saw.


“Dari Anas bin Malik, ia berkata : Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah),  jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air”


Jika melihat efek samping ketika berbuka secara berlebihan, yaitu gangguan pencernaan, lemas dan ngantuk, serta tubuh akan menjadi lebih gemuk. Jika memang memiliki rezeki yang lebih untuk berbuka, akan lebih utama untuk disedekahkan kepada orang yang tidak mampu atau yang lebih membutuhkan.


Jangan jadikan waktu berbuka, sebagai ajang balas dendam untuk mengkonsumsi makanan enak. Berbuka puasalah dengan perlahan, awali dengan tiga buah kurma, dan satu gelas air putih atau jus buah.


“Sesungguhnya usus menyerap air yang mengandung gula membutuhkan waktu kurang lebih selama 5 menit, hal ini dapat cepat memperkuat tubuh yang sedang lemah. Sedangkan orang yang berbuka puasa dengan langsung makan dan minum yang kurang mengandung unsur gula, maka apa yang telah disantapnya baru diserap oleh lambungnya selama 3-4 jam,” kata Ustadz DR Anwar Mufti rahimahullaah.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30