Pengumuman, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang II Dibuka Besok

Pengumuman, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang II Dibuka Besok

Foto
Foto: Istimewa

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang pertama sudah selesai. Dari 3,29 juta yang telah melalui tahap verifikasi NIK dan  sebanyak 2,78 juta berhasil lolos untuk melalui proses pengacakan sistem sebagai peserta gelombang pertama Kartu Prakerja sebanyak 200.000 orang. 


Pemerintah akan mulai membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang II mulai Senin besok, 20 April 2020. Sama seperti gelombang pertama, gelombang kedua ini akan ditutup pada Kamis minggu depan, 23 April 2020 pukul 16.00 WIB.


Selanjutnya, pendaftaran akan dibuka kembali hingga mencapai target yang telah ditentukan.


"Selanjutnya sesudah jam 16.00 WIB (ditutup), pendaftaran lanjutan terus terbuka dipersiapkan bacth kedua yang akan kami sampaikan," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangannya seperti dikutip Minggu 19 April 2020.


Setiap minggunya, mulai dari 11 April 2020 sampai minggu keempat November 2020, akan dibuka kuota untuk sekitar 164.000 peserta. Pendaftaran dapat dilakukan setiap saat, dalam 24 jam selama tujuh hari dalam seminggu. 


Lebih lanjut, dia menuturkan, sebanyak 1,87 juta orang yang lolos dalam tahap awal di gelombang pertama masih memiliki kesempatan di gelombang selanjutnya, meski tak lolos saat seleksi 200.000 orang penerima manfaat. Bahkan pada gelombang kedua, 1,87 juta peserta itu tidak perlu daftar ulang dari awal. 


Airlangga mengatakan, mereka akan menerima email berisi situs peladen (link) untuk mengikuti pendaftaran Kartu Prakerja gelombang II, begitupun seterusnya. 


"Bagi 1.878.026 yang belum ikut batch pertama tidak perlu daftar ulang. Nanti akan (kami) beri email untuk link di komputer atau smartphone, untuk klik ke batch II dan seterusnya sehingga tidak perlu ulang seluruh proses di awal," kata Airlangga.


Sementara bagi 200.000 orang terpilih, peserta bisa langsung mengikuti pelatihan online yang disediakan. Dengan mengikuti pelatihan, peserta akan mendapat sertifikasi elektronik. 


Kartu Prakerja 2020 terbuka untuk mereka yang sudah bekerja dan berwirausaha. Daftar Kartu Prakerja tak hanya dikhususkan untuk yang berstatus pengangguran ataupun korban PHK. Cara daftar Kartu Prakerja dilakukan secara online di Prakerja.go.id.