Ini 5 Hal Unik Jika Berkunjung ke Deli Serdang Sumut

Ini 5 Hal Unik Jika Berkunjung ke Deli Serdang Sumut

Ekel Suranta Sembiring
2020-04-14 19:41:30
Ini 5 Hal Unik Jika Berkunjung ke Deli Serdang Sumut
Pemandian Alam Sembahe (foto: 17sekians)

Setiap daerah tentunya memiliki keunikan yang berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Mulai dari sejarah, suku, budaya, makanan hingga pariwisata antara masing-masing daerah tentunya memiliki keunikan tersendiri. Begitu juga halnya dengan Kabupaten Deli Serdang.


Kabupaten Deli Serdang adalah sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Utara. Ibu kota kabupaten ini berada di Lubuk Pakam.


Ada beberapa hal unik yang dapat kamu temui jika berkunjung ke Kabupaten Deli Serdang ini. Penasaran hal unik apa saja yang ada di Deli Serdang? Nih langsung saja simak berikut ini:


1. Suku Asli Melayu


Suku Melayu (foto: deliserdangmall.com)

Suku asli masyarakat Kabupaten Deli Serdang ini adalah suku Melayu.


Sesuai dengan namanya, penamaan Deli Serdang pada nama kabupaten ini berasal dari dua kerajaan (kesultanan) melayu yang dulunya ada di daerah ini yaitu Melayu Deli dan Melayu Serdang.


Menurut sejarah, dahulu sebelum Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 Kabupaten Deli Serdang ini memiliki dua pemerintahan yang berbentuk kerajaan (kesultanan) yaitu Kesultanan Deli yang berpusat di Kota Medan dan Kesultanan Serdang yang berpusat di Perbaungan.


2. Memiliki Lokasi Wisata yang Menarik


Pemandian Alam Sembahe (foto: deliserdangmall.com)

Kabupaten Deli Serdang ini juga memiliki beberapa lokasi wisata yang banyak dikunjungi. Salah satu lokasi wisata Kabupaten Deli Serdang yang banyak dikunjungi adalah Sibolangit.


Sibolangit ini merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Deli Serdang yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Karo.


Daerah Sibolangit yang memiliki topografi alam yang berbukit-bukit dengan pemandangan alam yang hijau dan berhawa sejuk memang menjadikan daerah ini sering dikunjungi bahkan menjadi salah satu lokasi wisata favorit oleh warga Kota Medan.


Beberapa tempat wisata yang banyak dikunjungi di daerah Siboilangit ini adalah Pemandian Alam Sembahe, Cagar Alam Sibolangit, Sibolangit Camping Ground, hingga Air Terjun Dwi Warna.


3. Makanan Khas yang Lezat


Gulai Masam Khas Deli Serdang (foto: deliserdangmall.com)

Kabupaten Deli Serdang juga memiliki ragam makanan khas yang tak kalah lezat dengan makanan khas daerah lainnya. Salah satu makanan khas dari Kabupaten Deli Serdang ini adalah Gulai Masam.


Gulai masam ini terbuat dari ikan baung,  ikan kerapu atau ikan patin yang dibumbui dengan cabai rawit, tomat dan belimbing sayur. Perpaduan santan yang gurih dan belimbing yang asam ini menjadikan kuliner yang satu ini segar dan nikmat.


Apalagi jika disantap langsung dengan nasi panas. Pasti lebih nikmat bukan?!


4. Memiliki Banyak UMKM Kreatif


Deli Serdang Mall Kualanamu (foto: deliserdangmall.com)

Kabupaten Deli Serdang ini juga dikenal memiliki banyak UMKM yang mampu meghasilkan beragam produk mulai dari makanan, minuman, kerajinan tangan hingga fashion yang tentunya unik dan menarik.


Bahkan, beberapa UMKM Deli Serdang ini sudah ada yang sampai mengekspor produknya hingga ke luar negeri. Wah, keren ya?!


Salah satu produk UMKM unggulan Kabupaten Deli Serdang ini adalah Kerupuk Kulit Ikan Patin “Raja Patin” yang telah terkenal sebagai ikon oleh-oleh khas Deli Serdang hingga Snack Kacang Hijau “Jolley” yang berhasil masuk Top 20 dalam ajang The Big Start (TBS) Indonesia Season 3 Tahun 2018 dan menjadi satu-satunya perwakilan dari Pulau Sumatera.


Selain itu, UMKM Deli Serdang ini juga ada yang memproduksi beragam olahan makanan seperti keripik, bika ambon, risol, pancake, dimsum hingga mimunan bandrek dan thai tea serta masih banyak lagi.


Ragam hasil produksi dari UMKM Kabupaten Deli Serdang ini bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Deli Serdang.


5. Bandara Kualanamu Intenational Airport


Bandara Kualanamu (foto: blog kemaren siang)

Sebagian besar orang memang menganggap bahwa Bandara Kualanamu International Airport berada di Kota Medan, Sumatera Utara.


Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya Bandara Kualanamu International Airport ini berada di Kabupaten Deli Serdang bukan di Kota Medan.


Bandara internasional yang juga terkenal sebagai bandara terbesar ketiga di Indonesia ini dibangun pada bekas areal perkebunan PT Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa yang terletak di Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang.


Bandara Kualanamu International Airport ini dibangun untuk menggantikan Bandara Polonia yang telah berusai 85 tahun, yang sekarang menjadi Pangakalan Udara Tentara Angkatan Udara untuk berlatih dan sebagainya.


Kabupaten Deli Serdang patut berbangga karena memiliki salah satu bandara internasional dan terbesar di Indonesia ini.


Jadi, jangan sampai salah lagi ya. Bahwa Bandara Kualanamu International Airport itu sebenarnya ada di Deli Serdang, bukan di Medan.


Nah, itu dia 5 hal unik yang dapat kamu temui jika kamu berkunjung ke Kabupaten Deli Serdang. 5 hal unik dari Kabupaten Deli Serdang ini mungkin bisa menambah referensi kamu tentang keunikan salah satu daerah di Indonesia terutama di Provinsi Sumatera Utara.


Gimana? Tertarik untuk mengunjungi Kabupaten Deli Serdang?!


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30