Air Terjun Ponot Milik Asahan, Destinasi Wisata yang Masih Alami

Air Terjun Ponot Milik Asahan, Destinasi Wisata yang Masih Alami

Alpandi Pinem
2020-04-14 16:34:10
Air Terjun Ponot Milik Asahan, Destinasi Wisata yang Masih Alami
Air Terjun Ponot (Istimewa)




Indonesia merupakan Negara yang begitu memiliki kekayaan alam yang sungguh luar biasa, baik itu panorama alamnya, suku, budaya adat istiadat, dan ciri khas masyarakat yang berbeda di seluruh penjuru Nusantara.

Keindahan alam Indonesia memang dianggap tak ada yang mampu menandingi di negara manapun di dunia.Maka dari itu tak heran jika banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam yang ada di Indonesia.

Salah satunya yakni Air Terjun Ponot, yang merupakan sebuah air terjun yang berada di Dusun Sampuransiarimo, Desa Halado, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Air Terjun Ponot memiliki ketinggian hingga 100 meter dan memiliki tiga undakan air terjun. Air Terjun Ponot berada di aliran Sungai Ponot yang merupakan anak Sungai Asahan di ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan air laut.

Keindahan Air terjun Ponot terletak pada debit airnya yang sangat deras. Di bawah curahan air terjun banyak terdapat batu-batuan alam yang berukuran sangat besar sehingga menjadi daya tarik tersendiri sebagai pelengkap keindahan Air terjun Ponot.

Di tempat pemandian Air Terjunan Ponot bisa menjadi salah satu alternatif Anda untuk mengisi akhir pekan. Objek wisata yang satu ini menawarkan beberapa pemandangan yang masih sangat asri. Hutan rimba yang masih hijau dan air mengalir terus dari ketinggian mencapai 250 meter melewati celah-celah bebatuan besar dan menciptakan kesejukan terseniri di bawah permukaan air.

Selain air terjun utama, di sebelah Air Terjun Panot terdapat juga beberapa air terjun kecil yang mengalir dari sela-sela bebatuan dan ada juga yang mengalir melalui tebing yang tidak begitu curam.
Saat Anda memasuki lokasi, anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10 ribu termasuk parkir kendaraan anda.

Untuk mencapai jatuhnya air terjun, pengunjung harus berjalan kaki melewati bebatuan alam yang kasar dan terjal. Perlu kehati-hatian karena ruas jalan yang tidak begitu lebar dapat membuat pengunjung tergelincir bila sedang ramai.

Untuk menuju Air Terjun Ponot dari Kota Medan, kamu dapat menggunakan transportasi publik, namun disarankan untuk memakai kendaraan pribadi saja. Medan menuju Tebing Tinggi kemudian lanjutkan perjalanan ke Kisaran. Dari kota ini, arahkan perjalanan kamu menuju Simpang Pulau raja dan terus menuju lokasi yakni Dusun Sampuran Siarimo, Desa Tangga, Aek Songsongan. Dibutuhkan waktu sekitar 6 jam dari Kota Medan, namun tidak kecewa dan akan terpuaskan dengan panorama air terjun ini.

Air Terjun Ponot memang belum dikelola secara maksimal, terdapat beberapa warung yang menyediakan makanan ringan. Sebab itu pula jauh lebih baik jika kamu membawa bekal. Bila ingin menikmati sensasi segarnya deburan air, di lokasi tersedia beberapa tempat untuk berganti pakaian. Selain itu kamu dapat menyaksikan keindahan Paritohan yang acap kali dijadikan sebagai tempat persinggahan karena memiliki panorama alam yang menarik.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30