Organisasi Profesi Kesehatan Indonesia Keluarkan Surat Pernyataan Terkait Pengadaan APD

Organisasi Profesi Kesehatan Indonesia Keluarkan Surat Pernyataan Terkait Pengadaan APD

adminweb
2020-03-28 15:00:00
Organisasi Profesi Kesehatan Indonesia Keluarkan Surat Pernyataan Terkait Pengadaan APD
Foto Istimewa

Ikatan Dokter Indonesia mengeluarkan surat pernyataan yang mendorong pemerintah untuk memenuhi alat pelindung diri (APD) seluruh petugas medis yang menangani pasien virus corona.

Dalam surat tersebut, mereka juga meminta agar dokter yang tidak dilengkapi APD untuk tidak merawat pasien Covid-19 agar tak tertular virus tersebut.

Surat penyataan yang dipelopori oleh Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) itu turut disetujui oleh 38 organisasi profesi kesehatan lainnya.

Surat pernyataan yang ditandatangani langsung oleh Ketua IDI Daeng M Faqih pada Jumat, 27 Maret 2020 itu memuat tiga poin yaitu:

1. Dalam kondisi wabah saat ini kemungkinan setiap pasien yang kami periksa adalah orang dalam pemantauan (ODP) atau pasien dalam pengawasan (PDP) atau pasien Covid-19.

2. Jumlah tenaga kesehatan yang terjangkit Covid-19 semakin meningkat bahkan sebagian meninggal dunia.

3. Setiap tenaga kesehatan berisiko tertular Covid-19.

"Maka, Kami meminta terjaminnya alat pelindung diri (APD) yang sesuai untuk setiap tenaga medis. Bila ini tak terpenuhi maka kami meminta kepada anggota profesi kami untuk sementara tidak ikut melakukan perawatan penanganan pasien Covid-19 demi melindungi dan menjaga keselamatan sejawat," demikian tertulis dalam pernyataan tersebut.

Sebab jika petugas medias tertular, akan berdampak pada terhentinya pelayanan penanganan kepada pasien.

"Karena sejawat yang tertular Covid-19, selain akan jatuh sakit, akan berdampak pada terhentinya pelayanan penanganan kepada pasien serta dapat menularkan kepada pasien," tulisnya.

Sementara itu, Ketua Purna Pengurus Besar IDI Ilham Oetama Marsis juga berharap agar terpenuhinya APD para petugas medis, sebagai antispasi apabila suatu saat terjadi lonjakan pasien corona.

"Bilamana terjadi ledakan kasus Covid-19, terutama dengan komplikasi sedang dan berat, diperlukan ribuan ventilator, puluhan ribu APD dan masker, dan ribuan butir obat Covid-19 lini sekunder (Chloroquin dan Avigan), dan ribuan SDM Kesehatan,"kata Oetama, Jumat, 27 Maret 2020


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30