Pasien Tak Bergejala Dapat Menularkan Virus Corona Pada Orang Lain

Pasien Tak Bergejala Dapat Menularkan Virus Corona Pada Orang Lain

adminweb
2020-03-21 21:30:00
Pasien Tak Bergejala Dapat Menularkan Virus Corona Pada Orang Lain
Foto Ilustrasi

Virus corona atau Covid-19 memiliki gejala umum seperti batuk, demam dan sesak nafas.

Studi baru di beberapa negara di Amerika Serikat mempertanyakan pernyataan pejabat AS tentang cara penyebaran virus corona.

Meski bukan factor yang penting, menurut Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS Alex Azar ternyata penularan tanpa gejala atau disebut asimptomatik sangat mungkin terjadi.

Secara khusus para peneliti dari AS, Prancis, China, dan Hong Kong meneliti seberapa cepat penyebaran virus corona yang ditularkan dari pasien tak bergejala atau transmisi senyap (silent transmission).

Transmisi senyap terjadi ketika pasien yang terinfeksi virus tidak menunjukkan gejala namun menularkannya ke orang lain.

Para peneliti mempelajari 450 laporan kasus dari 93 kota di China ketika menyelidiki kasus ini. Kemudian menemukan hasil paling meyakinkan hingga saat ini yang menjelaskan jika orang dapat menularkan virus sebelum gejala dimulai. Namun berdasarkan peneliatian tersebut diketahui, pembawa asimptomatik hanya 1-3 persen.

Presiden global health think tank ACCESS Health International William Haseltine menilai jika metode pengecekan corona secara umum yang ada saat ini tidak efektif. Lantaran pasien tak bergejala juga dapat menularkan virus tersebut.

Haseltine menganjurkan untuk mengunakan contact tracing atau pelacakan kontak yang saat ini sudah diterapkan oleh Korea Selatan dan Singapura. Metode tersebut terlebih dahulu menguji setiap pasien bergejala. Kemudian, berusaha melacak dan menguji setiap orang yang berhubungan dengan pasien tersebut selama lebih dari 2 minggu. Haseltine mengatakan, sangat penting untuk menemukan sebelum mereka sakit.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30