Ranu Manduro yang Viral di Mojokerto Resmi Ditutup

Ranu Manduro yang Viral di Mojokerto Resmi Ditutup

adminweb
2020-03-05 15:45:00
Ranu Manduro yang Viral di Mojokerto Resmi Ditutup
Foto Istimewa

Ranu Manduro yang berlokasi di Mojokerto Jawa Timur ini tengah viral di media sosial beberapa waktu lalu kini akhirnya resmi di tutup oleh sang pemilik lahan, yaitu PT Wirabumi. Hal ini dilakukan karena Ranu Manduro yang terletak di  Desa Manduro, Kecamatan Ngoro, Mojokoerti, mendadak dibanjiri pengunjung. 


Pesona alam yang dimiliki Ranu Manduro memang menarik minat wisatawan untuk berkunjung, ke lokasi bahkan kawasan tersebut bukanlah bukanlah sebuah tempat wisata Kepala Bidang Pariwisata Kab. Mojokerto, Sya'dillah, mengatakan bahwa penutupan Ranu Manduro telah diumumkan lewat plang yang dipasang di area kawasan galian proyek sejak Jumat 28 Februari 2020. 


"Iya (ditutup), ada plang yang dipasang di lokasi (Ranu Manduro) oleh pemilik lahan,'' kata Sya'dillah, saat dihubungi wartawan, Rabu 4 Maret 2020.


Menurut Kepala Desa Manduro Manggung Gajah, Eka Dwi Firmansyah, kawasan padang rumput itu ditutup oleh pihak pemilik lahan, PT Wira Bumi.


Meskipun plang larangan berkunjung di lahan tersebut sudah terpampang sejak hari Jumat lalu, tetapi masih banyak wisatawan yang terus berkunjung ke Ranu Manduro. Menurut informasi yang diberikan Sya'dillah, pada Minggu 1 Maret 2020, pengunjung di Ranu Manduro mencapai ribuan orang.  


Bahkan ia juga menyebutkan, warga telah berkomunikasi dengan pemilik lahan untuk membuka kembali kawasan Ranu Manduro demi kepentingan warga. 


Sejak viral dan banyak dikunjungi wisatawan, warga bisa mendapatkan penghasilan di Ranu Manduro.  


Susilo juga membenarkan, pemilih lahan sudah melarang untuk memasuki kawasan itu. Ia juga mengingatkan masyarakat yang berkunjung ke Ranu Manduro agar berhati-hati. Alasannya, tanah di Ranu Manduro labil, banyak kubangan, tebing bebatuan, dan saat ini memasuki musim penghujan. 


"Cuaca masih ekstrem hujan deras disertai angin kencang. Harus waspada dan hati-hati," ujar Susilo. 



Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30