Penuan Dini Usia Muda ini Tanda-Tandanya

Penuan Dini Usia Muda ini Tanda-Tandanya

adminweb
2020-02-26 23:30:00
Penuan Dini Usia Muda ini Tanda-Tandanya
Foto : Istimewa

Zaman Sekarang Bicara soal penuaan dan tanda-tandanya, banyak yang sering menghubungkannya dengan kerutan di wajah atau kulit yang terlihat kusam. Dalam kenyataannya, penuaan dini dapat dideteksi lebih awal dari sekedar kerutan di wajah. Tanda-tandanya akan muncul ketika seseorang udah menginjak usia 25 tahun. Apa aja tanda-tandanya? Yuk, kita simak yuk!

 
1. Sulit Tidur


Foto: Istimewa

Kesulitan untuk memejamkan mata dan beristirahat sering dialami oleh banyak orang. Makanya nggak heran kalo kesulitan tidur diartikan sebagai permulaan dari proses penuaan. Ketika seseorang mempunyai kebiasaan tidur nyenyak sebelumnya, kemudian mengalami perubahan pola tidur yang mengganggu aktivitas sehari-hari, maka nggak bisa dianggap sepele. Penuaan menyebabkan produksi hormon melatonin berkurang sehingga dapat memicu gangguan pada pola atau ritme tidur. Gangguan tidur ini dapat berupa sulit tidur ataupun justru berupa mudah tertidur di siang hari.

 
2. Energi Tubuh


Foto: Istimewa

Ketika seseorang masih dalam usia muda, tubuh terasa selalu penuh energi. Kerja berat, olahraga, bahkan sampai tidur larut malam dapat dijalani tanpa kesulitan. Kita juga harus hati-hati kalo merasa kelelahan padahal nggak merasa melakukan aktivitas berat seharian. Bisa jadi, itu salah satu tanda penuaan dini, lho!

 

3. Punggung Tangan Kusam dan Kasar


Foto: Istimewa

Punggung tangan bisa jadi bagian yang terakhir kamu perhatikan, Loh. Berbeda dengan wajah, punggung tangan terpapar lebih banyak radikal bebas dan bergerak lebih aktif sehingga proses penuaannya pun terjadi lebih awal. Kerutan, kusam, dan kering merupakan gejala penuaan di area ini. Belum lagi paparan sinar matahari yang tentunya akan mengenai punggung tangan hampir setiap saat kita beraktivitas di luar ruangan.

 
4. Rambut Rontok


Foto: Istimewa

Berbicara tentang rambut dan penuaan, maka yang terbayang adalah uban, ya kan? Tetapi, uban juga dipengaruhi oleh genetik. Maka, nggak jarang seseorang yang masih muda dan segar punya beberapa helai uban, sementara beberapa orang paruh baya justru rambutnya masih berwarna hitam legam. Beda halnya dengan kerontokan rambut. Kerontokan rambut erat kaitannya dengan hormon pada tubuh. Penurunan hormon testosteron akan memicu kerontokan rambut yang cukup banyak dan berkelanjutan. Penurunan hormon testosteron itu sendiri juga dikaitkan dengan laju penuaan tubuh, di mana semakin tua seseorang maka produksi hormon testosteronnya pun semakin berkurang.

 

5. Mata Lelah


Foto: Istimewa

Mata juga merupakan salah satu tanda penuaan yang dapat lebih awal terlihat. Seiring dengan bertambahnya usia, kulit di sekitar mata akan mulai mengalami penurunan kolagen dan elastin yang membantu membuat area mata terlihat sehat. Menipisnya kulit di area ini akan menyebabkan munculnya kantung mata dan lingkaran hitam di sekitar mata. Kedua tanda ini jangan diabaikan begitu saja, karena penurunan kolagen di area ini akan diikuti oleh area wajah lainnya tanpa perawatan yang tepat.

 

Nah, udah tau kan tanda-tanda penuaan dini? Kalo terbukti udah mengalaminya, jangan khawatir ya. Segera lakukan pencegahan dengan perawatan anti-aging yang tepat.

 


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30