Manisnya Persembahan Cinta SBY kepada Ibu Ani di Pacitan

Manisnya Persembahan Cinta SBY kepada Ibu Ani di Pacitan

Ahmad
2020-02-23 14:00:00
Manisnya Persembahan Cinta SBY kepada Ibu Ani di Pacitan
Foto: Instagram/agusyudhoyono

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) secara resmi memulai proses pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI, Sabtu 22 Februari 2020. Acara tersebut, diselenggarakan di lokasi dibangunnya museum, di Jalan Lingkar Selatan (JLS), Ploso, Pacitan, Jawa Timur.


Lokasi pembangunan Galeri Seni SBY-ANI ini cukup strategis karena berada tepat di jalan besar yang menghubungkan kota Pacitan, baik dari Solo-Yogya maupun dari Trenggalek. 


Lokasi ini juga tidak jauh dari pusat kota dan garis pantai yang merupakan destinasi wisata di Pacitan. Museum dan Galeri Seni SBY-ANI sendiri dibangun di atas lahan seluas 1,5 hektare. Sementara bangunan total museum dan galeri seni keseluruhan sekitar 7.500 m2.


Mantan Presiden ke-6 RI tersebut, mengungkapkan selain diperuntukan kepada masyarakay Indonesia, Museum tersebut juga merupakan tanda cinta untuk Ani Yudhoyono yang merupakan istrinya.


"Museum ini kami persembahkan untuk masyarakat Indonesia utamanya generasi muda dan generasi mendatang. Juga dipersembahkan untuk Almarhumah Ibu Ani Yudhoyono. Ini adalah tanda cinta saya dan keluarga yang amat dalam pada almarhumah istri tercinta," ujar SBY dalam sambutannya Sabtu 22 Februari 2020.


Pria yang akrab di sapa SBY tersebut, mengungkapkan, bahwa mendiang istrinya sangat mencintai Pacitan. Alasan tersebut, kata dia,menjadi semangat terkait ide pembangunan museum di sini. Semasa hidupnya, Ani Yudhoyono agar pembangunan museum dan galeri seni ini segera di bangun. 


"Ketika di rumah sakit Singapura, Ibu Ani bilang Pepo kalau nanti saya sudah sembuh, kita atur nanti pembangunan museum dan galeri itu. Itu kata-kata Almarhumah yang saya ingat sampai kapanpun," SBY menjelaskan.


Inspirasi didirikannya museum dan galeri seni ini berasal dari kunjungan SBY beserta keluraga ke Museum Kepresidenan Amerika Serikat seperti Truman, Eisenhower, Clinton, dan Bush. Museum mantan presiden Amerika itu juga dibangun di tanah kelahiran mereka masing-masing.


"Dari situlah juga saya mendapatkan inspirasi membangun museum di Pacitan," SBY menerangkan.



Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30