Sosok dan Profil Fredy Pratama, Gembong Narkoba Terbesar Indonesia Buronan Polisi

Sosok dan Profil Fredy Pratama, Gembong Narkoba Terbesar Indonesia Buronan Polisi

Ajeng Conny Pradestina
2023-09-15 11:50:31
Sosok dan Profil Fredy Pratama, Gembong Narkoba Terbesar Indonesia Buronan Polisi
Fredy Pratama

Inilah sosok dan profil Fredy Pratama yang merupakan gembong narkoba terbesar di Indonesia. Hingga kini Fredy Pratama masih berstatus sebagai buronan polisi sejak tahun 2014. Fredy Pratama mengendalikan jaringan narkoba dari Thailand ke Malaysia dan Indonesia.

Belum lama ini Bareskrim Polri menggagalkan peredaran 10,2 ton sabu yang dikendalikan oleh sindikat Fredy Pratama. Dalam kasus ini, Bareskrim Polri dan jajaran menangkap 39 orang tersangka. Para tersangka ditangkap sejak periode Mei 2023.

Baca juga: Sosok dan Profil Adelia Putri Salma: Umur, Karier, IG, Selebgram Palembang Diduga Terlibat Jaringan Narkoba Internasional

Lantas seperti apa sosok Fredy Pratama? Simak informasinya berikut ini!

Profil Fredy Pratama

Fredy Pratama merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang berasal dari Kalimantan Selatan. Ia memiliki sejumlah nama inisial dalam menjalankan bisnis gelapnya yakni Miming, The Secret, Cassanova, Air Bag, Wang Xiang Ming hingga Mojopahit.

Sejak tahun 2020 hingga 2023 terdapat 884 tersangka yang merupakan sindikat Fredy Pratama. Kini sejak Mei 2023, polisi merilis 39 tersangka yang merupakan jaringan Fredy Pratama termasuk selebgram asal Palembang, Adelia Putri Salma.

Memiliki Aset di Banjarmasin

Sosok gembong narkoba ini disebut-sebut memiliki sejumlah aset di Banjarmasin. Salah satunya restoran  Shanghai Palace yang diduga merupakan milik Fredy. Petugas kepolisian memasang garis polisi di rumah makan tersebut. 

Selain itu polisi juga menyita sejumlah kendaraan bermotor. Hal ini terungkap dari keterangan pejabat Mabes Polri bersama Polda Kalsel ketika jumpa pers pengungkapan Transnational Organized Crime (TOC) alias Kejahatan terorganisasi transnasional Narkotika dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) jaringan Fredy Pratama.

Buronan Interpol 4 Negara

Fredy menjadi buronan polisi sejak tahun 2014. Ia melarikan diri ke luar negeri dan diduga telah melakukan operasi plastik serta mengubah identitasnya. Sejumlah dugaan menyebut Fredy kini bersembunyi di Thailand.

Baca juga: Kasus Peredaran Narkoba, Teddy Minahasa Divonis Hukuman Seumur Hidup

Fredy juga merupakan buronan Interpol 4 negara yakni Royal Malaysia Police, Royal Thai Police, US-DEA dan Indonesia. Sejak tahun 2013, Fredy diduga mengontrol jaringan pasar narkoba Provinsi Kalimantan Selatan.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30