Cara Mudah Mencegah Asam Lambung Naik Saat Ibadah Puasa

Cara Mudah Mencegah Asam Lambung Naik Saat Ibadah Puasa

Ajeng Conny Pradestina
2022-04-03 11:11:50
Cara Mudah Mencegah Asam Lambung Naik Saat Ibadah Puasa
Ilustrasi foto Sakit Asam Lambung (foto: pixabay)

Menjalankan ibadah puasa memang suatu kewajiban bagi umat muslim. Saat melaksanakan ibadah puasa dan menjalankan aktivitas harian, tentu kondisi tubuh harus dijaga agar tetap fit.

Saat berpuasa memang terkadang kita mengalami gangguan kesehatan seperti asal lambung naik. Salah satu penyebabnya adalah perubahan keseimbangan kadar asam di perut. Kondisi perut kosong dan tidak ada asupan yang dicerna sehingga dapat memicu naiknya asam lambung.

Nah kamu bisa lakukan cara ini untuk mencegah asam lambung naik saat puasa.

Baca juga: Bacaan Doa Agar Terhindar Dari Lapar Selama Puasa Ramadan 1443 H/2022 Lengkap Latin dan Artinya

1. Perhatikan Makanan saat Sahur dan Berbuka


Asam lambung mudah naik jika kita mengonsumsi makanan yang kurang tepat saat sahur dan berbuka. Maka hindari makanan yang pedas, asam, berlemak seperti gorengan, santan, cokelat, minuman bersoda, dan kopi.

Kamu bisa makan sahur dengan lauk dengan sayuran hijau, seperti brokoli, kacang hijau, seledri, kol, atau bayam untuk menjaga kesehatan lambung. Jika perlu, saat berbuka kamu bisa mengonsumsi minuman jahe untuk mengatasi masalah asam lambung dan pencernaan lainnya.

2. Jaga Porsi Makan


Kamu perlu menjaga porsi makan sehingga tidak dianjurkan untuk menyantap makanan dalam porsi besar sekaligus. Cegah asam lambung naik saat puasa dengan cara mengubah porsi makan jadi sedikit demi sedikit.

3. Kunyah Makanan secara Perlahan

Asam lambung bisa naik karena kebiasaan makan terlalu cepat. Sebaiknya makanlah secara perlahan dan mengunyah makanan selembut mungkin supaya lebih mudah dicerna. Hal itu dapat membantu enzim pencernaan mengolah dan mencerna makanan dengan lebih mudah sehingga mengurangi risiko asam lambung naik atau memperburuk gejala GERD yang dialami.

4. Jangan Terlalu Banyak Minum dan Tidur setelah Makan


Coba untuk memberi jeda saat minum di waktu sahur dan berbuka, karena jika terlalu banyak akan menyebabkan kembung sehingga makanan sulit dicerna.

Selain itu, jangan langsung tidur setelah sahur karena dapat menyebabkan refluks asam lambung naik ke kerongkongan bersamaan dengan makanan yang Anda.

5. Hindari Minuman Berkafein


Minuman seperti kopi dan teh perlu dihindari pengidap asam lambung saat puasa karena mengandung kafein. Minuman berkafein dapat membuat pengidap sering kencing sehingga banyak mineral berharga yang dibutuhkan tubuh terbuang selama berpuasa.

Baca juga: Catat! Inilah Hal dan Perbuatan yang Dapat Membatalkan Puasa

6. Berhenti Merokok


Merokok dapat memperparah kondisi penderita asam lambung bahkan membuat infeksi lambung. Saat Ramadan, gunakanlah momen berpuasa untuk melatih diri berhenti mengonsumsi rokok.

 


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30