KRI Nanggala 402, Kapal Selam Ketujuh dalam Sejarah Kecelakaan Kapal Selam Dunia

KRI Nanggala 402, Kapal Selam Ketujuh dalam Sejarah Kecelakaan Kapal Selam Dunia

Ahmad Diponegoro
2021-04-27 16:30:14
KRI Nanggala 402, Kapal Selam Ketujuh dalam Sejarah Kecelakaan Kapal Selam Dunia
KRI Nanggala 402 yang dinyatakan tenggelam menjadi kapal selam ketujuh dalam sejarah kecelakaan kapal selam dunia. (Foto: Berbagai Sumber)

Kapal selam KRI Nanggala 402 telah dinyatakan tenggelam pada Minggu 25 April 2021, rupanya merupakan kapal selam ketujuh dalam sejarah kecelakaan kapal selam dunia.

Sebelum dinyatakan tenggelam atau subsunk, KRI Nanggala 402 telah hilang kontak pada Rabu 21 April saat menggelar latihan penembakan torpedo di Perairan Bali.

Berikut kecelakaan kapal selam dunia yang menempatkan KRI Nanggala pada posisi ketujuh.

1. Kursk

Kapal selam milik Rusia Kursk atau K-141 Kursk merupakan salah satu kapal selam rudal jelajah yang dimiliki oleh Angkatan Laut Rusia kelas Oscar-II.

Baca Juga: Imam Kurniawan Komentar Cabul di Facebook Ingin Setubuhi Istri Prajurit KRI Nanggala-402 yang Gugur

Tepat pada 12 Agustus 2000, kapal selam Rusia tersebut tenggelam di Laut Barents dekat utara Norwegia.

Dalam kecelakaan kapal selam yang mengangkut sebanyak 141 awak dan semua telah dinyatakan meninggal dunia setelah mengalami ledakan sesaat hendak meluncurkan sebuah terpedo.

2. Ming 361

Kapal Selam Ming 361 merupakan salah satu kapal selam milik Angkatan Laut Cina yang dijuluki The Great Wall.

Akibat kerusakan pada mesin disel dan merusak oksigen, Ming 361 menjadi sebuah kapal selam yang lumpuh dan mengapung selama sepuluh hari pada tahun 2003.

Kemudian, kapal selam yang dijuluki The Great Wall ini akhirnya ditemukan pada 25 April 2003 oleh seorang nelayan China yang kemudian langsung dievakuasi.

Usai dievakuasi ke pangkalannya, semua awak kapal selam Ming yang berjumlah 70 orang tewas karena kehabisan oksigen. 

3. Nerpa

Kecelakaan kapal selam dunia selanjutnya adalah, K-152 Nerpa milik Rusia.

Kapal selam ini berjenis kapal selam serang bertenaga nuklir.

Dalam sejarah kecelakaan kapal selam dunia, K-152 Nerpa ini mengalami kecelakaan saat menguji coba di Samudra Pasifik pada November 2008 yang menewaskan sebanyak 20 orang dari 208.

4. Yono class submarine

Insiden kecelakaan kapal selam dunia selanjutnya adalah Yono class submarine yang merupakan kapal selam milik Korea Utara yang dinyatakan tenggelam pada tahun 2013.

Sayangnya, hingga kini belum ada pernyataan resmi dari pemerintah Korea Utara soal penyebab utama Yono class submarine ini dinyatakan tenggelam.

Dilansir dari beragi sumber, dalam insiden kecelakaan kapal selam ini, sebanyak 8 orang meninggal dunia.

5. Ara San Juan

Kapal selam Ara San Juan milik Argentina dinyatakan tenggelam di kedalaman 800 meter pada November 2017.

Baca Juga: Fakta Lengkap Kapal Selam San Juan, Bernasib Sama dengan KRI Nanggala 402 yang Tenggelam 800 Meter

Hingga saat ini, belum ada konfirmasi resmi dari pemerintah Argentina mengenai penyebab pasti tenggelamnya Ara San Juan yang tenggelam bersama dengan 44 orang awak.

6. Losharik

Kecelakaan kapal selam milik Rusia bernama Losharik terjadi pada Juli 2019 yang diakibatkan oleh kebakaran pada kompartemen baterai.

Dalam insiden kecelakaan kapal selam ini, sebanyak 14 orang awak kapal gugur.

7. KRI Nanggala 402

Kapal selam KRI Nanggala menjadi kapal selam ketujuh dalam sejarah kecelakaan kapal selam dunia setelah hilang kontak pad Rabu 21 April 2021 di Perairan Bali.

Kemudian, pada Minggu 25 April 2021, KRI Nanggala 402 dinyatakan tenggelam di kedalaman 850 meter bersama 53 awak kapal. Salah satunya adalah Kolonel Harry Setiawan yang mempunyai hubungan baik dengan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.


Share :