8 Jenis Tanaman Hias Batang Jitu Mempercantik Rumah

8 Jenis Tanaman Hias Batang Jitu Mempercantik Rumah

Ekel Suranta Sembiring
2021-01-13 14:35:18
8 Jenis Tanaman Hias Batang Jitu Mempercantik Rumah
Pandan Bali (foto: topbuzz.com)

Tanaman hias batang merukan tanaman hias yang tidak kalah menarik dengan tanaman hias lainnya. Beberapa jenis tanaman hias batang ini sangat jitu mempercantik rumah, in door atau out door. 

Penasaran? Berikut 8 Jenis Tanaman Hias Batang Jitu Mempercantik Rumah:

1. Bambu Air


Bambu Air (foto: ilmubudidaya.com)

Tanaman bambu air merupakan tanaman yang dapat tumbuh di genangan air. Tanaman ini dapat tumbuh mencapai 3 meter dengan ukuran diameter yang cukup kecil, sehingga tidak memakan banyak tempat. 

Daun yang tumbuh pada sendi-sendi bambu membuatnya semakin indah menawan. Ada beberapa jenis bambu air yang bisa kamu tanam di rumah, seperti bambu air hijau atau bambu air belang hijau putih. Katanya, menanam atau menyimpan tanaman ini di rumah dapat membuat pemilik rumah menjadi lebih hoki!

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Hias Dipercaya Membawa Keberuntungan saat Menyambut Imlek

2. Bambu Kuning


Bambu Kuning (foto: bibitbunga.com)

Bambu kuning biasa dijadikan tanaman penghias taman atau sebagai tanaman pembatas. Tanaman hias satu ini memiliki ruas batang berwarna kuning dan ukurannya yang ramping. Jika ditanam secara berkelompok, akan membuat tamanmu terlihat lebih rimbun dan modern. Beberapa orang mempercayai tanaman ini dapat mengusir setan atau hantu dari rumah.

3. Kamboja


Kamboja (foto: Shoope)

Kamboja tak hanya memiliki bunga yang cantik, tapi juga batang yang unik dan menarik. Ada dua jenis tanaman kamboja yang bisa kamu tanam, yaitu kamboja biasa atau kamboja Jepang. Perbedaan dari kedua tanaman ini adalah ukuran batang kamboja Jepang lebih besar dan akarnya menyerupai umbi, sedangkan kamboja biasa batangnya berukuran kecil.

4. Palem Bambu


Palem Bambu (foto: gardener.id)

Tanaman ini sering ditanam di halaman maupun dalam rumah. Palem bambu dapat membersihkan udara kotor di suatu ruangan, sehingga dapat membuat udara menjadi lebih bersih.

Baca Juga: Deretan Bunga Bisa Tumbuh di Tempat Teduh, Berwarna-Warni

5. Palem Merah


Palem Merah (foto: jualinbunga.blogspot.com)

Sesuai dengan namanya, terdapat warna merah pada tanaman ini, tepatnya di bagian batangnya. Sedangkan daunnya tetap berwarna hijau. Palem merah akan menambah kesan asri dan natural pada rumahmu jika ditanam secara bergerombol. Tanaman ini juga dapat memperlancar sirkulasi udara dan menghasilkan oksigen yang bersih.

6. Kaktus


Kaktus (foto: 8villages.com)

Kaktus merupakan tumbuhan berbatang populer yang banyak ditemukan di daerah savana. Tapi kaktus juga bisa, kok, hidup di daerah tropis termasuk di Indonesia. Tanaman kaktus sanggup hidup di tanah kering atau di lingkungan panas dan tidak membutuhkan banyak air. Kamu dapat menanam tanaman ini di pekarangan rumahmu, bahkan terdapat banyak kaktus mini yang ditanam dalam pot dan dijadikan pajangan di dalam rumah.

7. Pandan Bali


Pandan Bali (foto: topbuzz.com)

Memiliki batang yang panjang dan tekstur daun yang halus, tipis, serta tidak berduri. Daunnya akan terlihat semakin indah ketika ditanam secara bergerombol. Selain menghiasi rumah dengan keindahannya, tanaman ini juga berguna untuk menyaring kotoran dan debu di sekitar rumah.

Baca Juga: Harga Sultan! Ini 4 Jenis Tanaman Hias Monstera Harganya Fantastis

8. Mawar Jambe (Cycas revoluta thunb)


Mawar Jambe (foto: 

Tanaman hias dengan nama lain pakis haji ini memiliki bentuk daun seperti daun palem. Batangnya berwarna cokelat yang besar dan kokoh, serta teksturnya yang timbul dan kasar serasi menjadikan tanaman ini semakin unik. Mawar jambe bisa ditanam di media pot maupun ditanam langsung dalam tanah. Tanaman ini bisa tumbuh tinggi dan lebat. Jika diletakkan di sebelah sudut halaman, maka halaman akan semakin cantik.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24