Perkembangan Paling Terbaru Vaksin Merah Putih yang Dikembangkan Indonesia

Perkembangan Paling Terbaru Vaksin Merah Putih yang Dikembangkan Indonesia

Dedi Sutiadi
2020-10-15 11:35:28
Perkembangan Paling Terbaru Vaksin Merah Putih yang Dikembangkan Indonesia
Ilustrasi vaksin corona. (Pixabay)

Vaksin Merah Putih adalah harapan rakyat Indonesia untuk bisa keluar dari wabah virus corona. Berikut perkembangan paling terbaru Vaksin Merah Putih yang dikembangkan Indonesia 

Dalam menanggulangi wabah virus corona, salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Indonesia adalah membuat vaksin corona dalam negeri bernama Vaksin Merah Putih. Hingga kini Vaksin Merah Putih masih terus dikembangkan. 

Baca juga: Pemerintah Indonesia Sudah Siapkan 213 Juta Vaksin Corona untuk Disuntikkan

Setidaknya ada 6 jenis vaksin corona Merah Putih yang tengah dikembangkan oleh 6 lembaga atau institusi berbeda di Indonesia. Pertama, Vaksin Merah Putih yang dikembangkan oleh Lembaga Biologi Moleculer (LBM) Eijkman Institute. Metode pengambangan menggunakan metode protein recombinat atau mengambil beberapa bagian virus Covid-19 untuk menciptakan vaksin.   

Menurut Kepala LBME Amin Soebandrio Vaksin Merah Putih yang tengah dikembangkan nya telah mencapai 55 persen. Dirinya berharap uji praklinis atau uji coba pada hewan bisa dilakukan pada bulan November. 

"Saat ini sudah sekitar 55 persen dari skala laboratorium. Diharapkan akan segera melakukan uji praklinik atau uji pada hewan bulan depan (November 2020) kalau semuanya lancar sehingga nanti akhir tahun sudah selesai, dan awal tahun bisa diserahkan ke Bio Farma," kata Amin dalam Forum Diskusi Denpasar 12 terkait Vaksin Merah Putih secara virtual, Jakarta, Rabu 14 Oktober 2020.

Adapun 5 lembaga lain nya yang juga tengah mengembangkan Vaksin Merah Putih adalah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan metode protein recombinant, Universitas Gajah Mada (UGM) dengan metode protein recombinant, Universitas Airlangga dengan metode adenovirus atau menggunakan virus flue biasa yang dilemahkan untuk merangsang sistem kekebalan tubuh. 

Selain itu ada juga Institute Teknologi Bandung (ITB) dengan metode adenovirus, Universitas Indonesia dengan menggunakan metode menyuntikkan DNA virus corona ke tubuh untuk memicu respons kekebalan dan VLP atau metode penggabungan protein struktur virus utama sebagai vaksin. 

Baca juga: Riset Vaksin Corona Bio Farma Diakui Dunia

Sementara itu menurut Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto Vaksin Merah Putih yang tengah dikembangkan Indonesia diperkirakan baru siap pada tahun 2022. Sebab itu,  sambil menunggu Vaksin Merah Putih siap, Pemerintah Indonesia akan mendatangkan vaksin corona dari beberapa negara seperti China dan Inggris.  

"Sambil Menunggu vaksin Merah Putih yang diperkirakan baru akan siap pada awal 2022, kita manfaatkan kerja sama dengan China dan Inggir," Ungkap Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto Kamis 15 Oktober 2020.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30