Vaksinisasi Corona Dimulai November, Begini Janji Terawan
Foto
Ilustrasi. Foto: Pixabay

Vaksinisasi Corona Dimulai November, Begini Janji Terawan

Pemerintah melalui Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto, mengatakan vaksinisasi corona akan dimulai pada November. 

Terkait vaksin yang akan diberikan, dia mengatakan, pemerintah telah menetapkan tiga kandidat vaksin corona yang akan datang dalam waktu dekat. Yaitu, Cansino, G42 atau Sinopharm, dan Sinovac.

Sebelumnya, tim dari BPOM, Kementerian Kesehatan, MUI, Bio Farma akan bertolak ke China pada tanggal 14 Oktober 2020 untuk melihat kualitas fasilitas produksi dan kehalalan vaksin produksi Sinovac, dan Cansino dan mengambil data uji klinis vaksin G42/Sinopharm di UAE.

Terkait persiapan vaksinisasi, Terawan mengatakan akan memprioritaskan kelompok tenaga kesehatan dan aparat keamanan.

Baca Juga: Perusahaan BUMN, Indofarma Siap Edarkan Obat Covid-19 Merk Desrem

Terakhir, soal jumlah vaksin corona yang akan datang ke Indonesia tergantung dari kapasitas produksi dan komitmen perusahaan. Seperti:

Cansino menyanggupi 100 ribu vaksin (single dose) pada November 2020, dan sekitar 15-20 juta untuk 2021.

Sinopharm menyanggupi 15 juta dosis vaksin (dual dose) tahun ini. Dari jumlah tersebut, sebanyak 5 juta dosis mulai datang pada November 2020.

Kemudian, Sinovac menyanggupi 3 juta dosis vaksin hingga akhir Desember 2020. Sinovac akan mengirim 1,5 juta dosis vaksin (single dose vials) pada minggu pertama November dan 1,5 juta dosis vaksin (single dose vials) lagi pada minggu pertama Desember 2020, ditambah 15 juta dosis vaksin dalam bentuk bulk.

Baca Juga: WHO Sebut Vaksin Corona Akan Tersedia Akhir Tahun Ini

Cansino juga mengusahakan penyediaan 20 juta (single dose), Sinopharm 50 juta (dual dose), dan Sinovac 125 juta (dual dose) di 2021. Single dose artinya satu orang hanya membutuhkan 1 dosis vaksinasi. Sementara, dual dose dibutuhkan dua kali vaksinasi untuk satu orang.



Tag :

vaksin coronavirus coronavaksin corona di Indonesiavaksin corona di Indonesia terbarukapan vaksin tersediapamdemi corona

Artikel Terkait :

  • Pakar Imunologi Amerika Serikat Prediksi Kehadiran Vaksin dan Akhir Pandemi Covid-19

  • Jokowi Minta Vaksin Covid-19 yang Akan Disuntikkan Aman

  • Jokowi Minta Vaksin Covid-19 yang Akan Disuntikkan Aman

  • UU Ciptaker Berpotensi Menghindarkan Indonesia dari Middle Income Trap


  • Share to: