Harga Kopi di Karo Kerap Tak Menentu, Ini Solusi dari Theopilus Ginting

Harga Kopi di Karo Kerap Tak Menentu, Ini Solusi dari Theopilus Ginting

Alpandi Pinem
2020-10-06 19:57:32
Harga Kopi di Karo Kerap Tak Menentu, Ini Solusi dari Theopilus Ginting
Theopilus Ginting Kunjungi Kebun Kopi (Istimewa)


Beberapa wilayah di Kabupaten Karo berpotensi dijadikan pengembangan perkebunan kopi yang akan mendongkrak perekonomian masyarakat. Namun masyarakat petani kopi selama ini kerap mengeluhkan ketidakpastian harga yang menjadi kendala.

Harus ada trobosan dilakukan dalam rangka mengatasi persoalan ini, sehingga petani kopi di Karo kedepannya benar-benar akan maju dan sejahtera.

Hal tersebut menjadi perhatian khusus Calon Wakil Bupati Karo, Nomor Urut 5, Theopilus Ginting saat berkunjung ke pengolahan Kopi Pak RM di jalan Sidikalang - Medan/ jalan Mariam Ginting gg murai no 9, Gung Negeri, Kabanjahe, Lau Cimba, Selasa (6/10/2020).

Baca Juga : DPD Pujakesuma Kabupaten Karo Dukung Cory Sebayang - Theopilus Ginting

Mengingat begitu besarnya perhatian Manager Karo United tersebut terhadap petani kopi di Karo, maka dirinya pun turut menawarkan 2 solusi yang nantinya akan dilukan untuk penanganan hilir kopi Karo.

"Pertama Pemerintah melalui BUMD pemasaran pertanian akan dibentuk. BUMD ini akan mencari pasar kopi Karo yang lebih memberikan kepastian harga bagi petani kopi Karo. Membuka peluang ekspor kopi Karo dan membantu menyalurkan/kerjasama kopi Karo dengan produsen kopi yang besar di Indonesia,” katanya.

“Kedua Memberdayakan UMKM kopi Karo dengan memberi fasilitas, baik mesin penggiling kopi, mesin kemasan sampai membuka peluang pasar retail digital untuk kopi Karo" ucapnya lebih lanjut.

Baca Juga : Theopilus Ginting Harapkan Kolaborasi dengan Kalangan Milenial Wujudkan Karo Maju

Dalam hal ini pak RM selaku pelaku UMKM khususnya kopi berharap pemerintah meningkatkan pembinaan terhadap petani agar ada keseragaman dalam peningkatan kualitas.

"Saya berharap ditingkatkan pembinaan agar ada keseragaman dalam meningkatkan kualitas, seperti adanya peraturan ceri petik merah untuk seluruh petani karena kunci kualitas kopi itu adalah salah satunya ceri petik merah,” kata Ramlan Milala yang lebih populer dikenal dengan julukan Pak RM.

Kemudian menurut Pak RM, peningkatan promosi pengenalan kopi Karo juga perlu dilakukan. “Karena, kopi yang enak luar biasa ini kurang maksimal kalo tidak dikenal di luar. Dengan seperti itu semakin berdaya petani kopi Karo,” harapnya.

Baca Juga : Ini Alasan DPD Pujakesuma Kabupaten Karo Dukung Cory Sebayang - Theopilus Ginting

Lebih lanjut Pak RM turut meminta agar pemerintah terus bergiat mengenalkan kopi Karo dalam even tingkat Nasional dan Internasional.

"Satu lagi agar pemerintah terus bergiat promosikan kopi Karo, melalui even-even, pemaren-pameran tingkat Provinsi, Nasional dan Internasional. Karena kopi kita banyak dibeli di luar tapi orang belum tau bahwa itu kopi Karo. Jadi lebih gencar kita promosikannya,” tutupnya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30