Ini Beberapa Mitos Misterius Bulan Purnama dari Bikin Kesurupan Hingga Gila

Ini Beberapa Mitos Misterius Bulan Purnama dari Bikin Kesurupan Hingga Gila

Alpandi Pinem
2020-08-23 21:11:12
Ini Beberapa Mitos Misterius Bulan Purnama dari Bikin Kesurupan Hingga Gila
Bulan Purnama (Istimewa)


Bulan purnama, memang menyimpan sejumlah misteri. Banyak cerita rakyat yang dikaitkan dengan bulan purnama. Bahkan di luar negeri bulan purnama disebut sebagai waktunya serigala jadi-jadian muncul. Ada juga yang mengaitkannya dengan keberadaan drakula.'

Namun, tak hanya sekitar masalah hantu, mitos seputar bulan purnama ada juga yang dikaitkan dengan masalah medis. Mitos-mitos ini banyak dipercaya oleh orang-orang.

Berikut inilah beberapa mitos bulan purnama yang misterius.


1. Bulan Purnama Membuat Anak-Anak Susah Tidur


Selain membuat gila, bulan purnama juga kabarnya memiliki efek tersendiri untuk anak-anak. Fase bulan sempurna ini kabarnya dapat memicu sel-sel otak tertentu dan membuat anak-anak menjadi lebih aktif dan agresif di malam hari.

Mitos ini tercipta berkat laporan para orang tua yang mengaku menemukan anak-anaknya berubah 180 derajat hanya ketika sedang bulan purnama. Namun, mitos bulan purnama ini sempat disangkal oleh para psikiater anak.

Menurut para ahli, tanpa bulan purnama pun, banyak anak-anak yang cenderung susah tidur di malam hari. Hal ini bisa terjadi karena asupan makanan di siang hari yang mengandung terlalu banyak gula, atau kondisi anak yang tidak mudah capai.

2. Melakukan Operasi Saat Bulan Purnama Bisa Berujung Kematian


Menurut kepercayaan segelintir orang, melaksanakan operasi saat bulan purnama merupakan pilihan yang buruk. Pasalnya, ketika bulan purnama, otak manusia tidak berfungsi seperti hari-hari biasanya. Ini dikarenakan tarikan gravitasi yang konon terbukti lebih kuat dan dapat mempengaruhi aliran darah.

Para petugas medis yang melakukan operasi bisa merasa pusing dan membahayakan nyawa pasien yang terbaring lemah di meja operasi. Mitos ini sudah beberapa kali dibuktikan tidak benar.

Dalam jurnal Anesthesiology, gaya gravitasi bumi memang lebih kuat ketika bulan sedang tampak penuH. Namun fakta ini tidak ada hubungannya dengan aliran darah. Jikalau ada pun, efeknya akan terasa sangat minim.

Baca Juga : Seram! Ini Beberapa Mitos Misteri Malam Satu Suro

Baca Juga : Ini Beberapa Mitos Aneh yang Ada di Indonesia

Baca Juga : Kamu Harus Tau! Ternyata Benda Ini Pembawa Sial yang Wajib Kamu Singkirkan dari Rumah


3. Bulan Purnama Bikin Orang-orang Gila


Fakta atau hoax belaka, mitos satu ini ternyata masih dijadikan perdebatan sengit di antara banyak ilmuwan. Mitos ini sangat terkenal, sampai-sampai terlahirlah sebuah kata lunatic yang berarti gila. Kata tersebut diambil dari nama Dewi Bulan pada mitologi Yunani kuno, Luna.

Menurut kepercayaan orang zaman dahulu, bulan purnama adalah alasan dibalik pembunuhan yang dilakukan oleh banyak penjahat. Tidak sedikit juga yang mengaitkan teori ini dengan para pembunuh berantai yang kebetulan membunuh ketika bulan berbentuk sempurnA, eperti Ted Bundy dan The Zodiac Killer.

4. Mitos Bulan Purnama dan Manusia Serigala


Apabila berbicara tentang bulan purnama, pasti salah satu makhluk fiksional satu ini muncul di otak kita. Namun, apakah benar manusia serigala itu fiksional dan hanya cerita rakyat yang digunakan untuk menakuti anak-anak nakal belaka. Dilihat dari sisi sejarah dan budayanya, manusia serigala pertama kali muncul di dataran Eropa Tengah, terutama Romania, Balkans, dan Hungaria.

Dikenal dengan nama werewolf, yang merupakan gabungan dari dua kata were (manusia) dan wolf (serigala), makhluk terkutuk ini sebenarnya sudah dikisahkan rakyat Yunani ratusan tahun sebelum Masehi.

Lycantrophe adalah istilah yang dipakai para pakar ilmu Yunani apabila berbicara tentang manusia serigala pertama. Raja Lycaon merupakan sosok penguasa Arcadia yang amat serakah dan biadab. Singkat cerita, Raja Lycaon tertangkap basah memakan daging manusia dan membuat marah para dewa, terutama Zeus.

Zeus pun akhirnya mengutuk Lycaon menjadi monster, makhluk mengerikan setengah manusia dan setengah binatang buas, serigala. Lycaon masih diperbolehkan bertemu dengan orang-orang tersayangnya, namun saat bulan purnama tiba, ia akan berubah menjadi seekor serigala besar pemangsa daging manusia. Itulah mengapa ia mengasingkan dirinya ke hutan, dan disebut sebagai manusia serigala pertama di bumi.

Baca Juga : Ini 5 Mitos Paling Aneh dan Unik yang Hanya di Indonesia

Baca Juga : Seram! Ini Beberapa Kisah Mitos Hewan yang Konon Dipercaya Jelmaan Manusia

Baca Juga : Ini Beberapa Mitos Bambu Kuning dari Mengusir Hantu Hingga Mampu Menolak Maling


5. Keluar di Malam Hari Saat Bulan Purnama Datang Bisa Kesurupan


Mitos bulan purnama berikutnya datang dari kepercayaan warga lokal. Kepercayaan yang diturunkan dari para leluhur kita ini menjelaskan bahwa saat bulan sedang terlihat penuh dan sempurna. Itulah momen ketika garis yang memisahkan realita dan dunia gaib menjadi setipis rambut manusia. Konon, para makhluk gaib dapat dengan mudah menyebrang ke dunia kita. Itulah juga mengapa banyak ritual mistis yang dilakukan tepat saat bulan purnama.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30