Di Tengah Gempuran Krisis Covid 19, Ternyata 2 UMKM Ini Tangguh Menurut Teten Masduki

Di Tengah Gempuran Krisis Covid 19, Ternyata 2 UMKM Ini Tangguh Menurut Teten Masduki

Ahmad
2020-06-30 13:50:10
Di Tengah Gempuran Krisis Covid 19, Ternyata 2 UMKM Ini Tangguh Menurut Teten Masduki
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki melaporkan ada dua Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19. Foto: Istimewa

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki melaporkan ada dua Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19. 

UMKM ini di antaranya yang bertransformasi masuk ke ekosistem digital dan terakhir beradaptasi dengan menciptakan inovasi produk.

"Kami mencatat ada juga yang bertahan bahkan tumbuh pada masa pandemi Covid-19, yaitu satu UMKM yang sudah terhubung dengan ekosistem digital, UMKM yang sudah terhubung dengan e-commerce," ujar Teten dalam diskusi daring beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Ada 17 Calon Vaksin Corona yang Dikeluarkan WHO, yang Akan Masuk Uji Klinis

"Sayangnya yang sudah terhubung ke marketplace baru 13 persen atau sekitar 8 juta lebih, 87 persen masih offline. Karena itu mungkin pada fase development dari penyelesaian wabah ini kita harus mempercepat transformasi digitalisasi UMKM dan koperasi," kata dia.

Selain itu, Teten menyebut UMKM yang mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19 adalah yang berhasil beradaptasi melalui inovasi produk. Misalnya, pelaku UMKM konveksi banting setir untuk membuat masker kain.

"Juga banyak inovasi produk misalnya food processing makanan siap saji itu juga tumbuh baik dan kita mencatat penjualan yang meningkat adalah bahan pokok makanan minuman dan kebutuhan pribadi yang berkaitan dengan kesehatan dan kebutuhan rumah," ucapnya.

Baca Juga: Setelah Pandemi Covid19, Ternyata Ada Virus Baru G4 yang Berkerabat dengan Flu Babi dan Berpotensi Jadi Pandemi

Dia terus mencoba menyiapkan ruang konsultasi hingga pendampingan lewat online kepada pelaku UMKM terkait transformasi bisnis. Dengan begitu, UMKM bisa bertahan menghadapi situasi apa pun.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30