Bangkawa, Tradisi Pembangunan Rumah Tengkorak Suku Dayak di Kalimatan Utara yang Bikin Bulu Kuduk Merinding

Bangkawa, Tradisi Pembangunan Rumah Tengkorak Suku Dayak di Kalimatan Utara yang Bikin Bulu Kuduk Merinding

Alpandi Pinem
2020-05-28 11:18:56
Bangkawa, Tradisi Pembangunan Rumah Tengkorak Suku Dayak di Kalimatan Utara yang Bikin Bulu Kuduk Merinding
Bangkawa, Tradisi Pembangunan Rumah Tengkorak Suku Dayak (Istimewa)


Kalimantan saat ini menjasi wilayah di Indonesia memang telah berkembang pesat menjadi perkotaan yang memiliki berbagai fasilitas modern.Namun, sebagian wilayah terutama di hutan belantara, masih terdapat suku-suku yang hidup dengan mengandalkan alam.

Salah satu suku yang menyimpan budaya yang mengerikan yakni Suku Dayak di Kalimantan. Meski cara hidup mereka memang jauh berbeda dengan kehidupan masyarakat Indonesia modern. Namun, mereka melakukan itu untuk melestarikan budaya dan jalan hidup yang mereka terima dari leluhur terdahulu.

Namun, Dayak yang ada di Kalimantan Selatan akan berbeda dengan mereka yang ada di Kalimantan Tengah atau bahkan utara yang berbatasan langsung dengan Sabah, Malaysia. Setiap rumpun memiliki tradisi sendiri-sendiri mulai dari upacara adat hingga kebiasaan lain seperti berperang hingga ngayau atau berburu kepala manusia.

Baca Juga : Hantu Mariaban, Hantu Raksasa yang Menakutkan Haus Akan Darah yang Bulunya Dicari Untuk Kebal di Kalimantan, Mitos atau Fakta?

Dari berbagai rumpun Dayak, ada satu kelompok Dayak yang memiliki keunikan. Mereka dikenal memiliki kebiasaan membangun Bangkawan atau rumah tengkorak. Di dalam kota yang tidak terlalu besar ini, tengkorak manusia akan disimpan selama bertahun-tahun sebagai simbol keberuntungan.

Rumpun Dayak yang memiliki Bangkawan adalah Dayak Dusun. Letak mereka berada di Kalimantan bagian Utara dan juga Sabah, Malaysia. Setiap desa dari Dayak Dusun memiliki sebuah rumah-rumahan kecil di bagian depan. Di dalamnya terdapat beberapa tengkorak manusia yang oleh penduduk setempat sering disebut dengan ragas, kinoring, atau kinodou yang konon memiliki banyak sekali fungsi.

Tengkorak itu disimpan dalam rumah-rumahan yang terbuka di bagian depan. Siapa saja bisa melihat tengkorak yang menjadi simbol dari kehebatan pahlawan dari desa. Semakin banyak tengkorak, semakin kuat pula kekuatan dari desa karena bisa mengalahkan musuh dengan banyak. Bangkawan adalah simbol kehebatan yang harus dimiliki oleh banyak desa.

Baca Juga : Orang Bontoet, Manusia Kanibal yang Hanya Dapat Dilihat Oleh Orang Berkemampuan Khusus di Kalimantan, Benarkah?

Tengkorak yang ada di dalam Bangkawan berasal dari kegiatan ngayau atau perang. Biasanya pahlawan atau petarung dari suku akan melakukan prosesi ini di medan perang. Musuh yang tidak berdaya akan dikalahkan dengan memenggal kepalanya. Setelah itu kepala akan dibawa kembali ke desa sebagai bukti kemenangan dari seorang pahlawan yang layak untuk dirayakan secara meriah.

Biasanya saat pahlawan atau kobilangan datang, paras gadis di desa akan menyambut mereka dengan suka cita. Setelah itu, para pahlawan akan diterima oleh kepala suku. Dari sini akan diadakan upacara pembersihan sial. Arwah atau makhluk jahat yang ada saat perang bisa diusir sehingga pahlawan akan masuk ke dalam desa dalam kondisi yang suci.

Fungsi utama dari Bangkawan adalah untuk keberkahan dari desa. Tengkorak-tengkorak ini dianggap memiliki kekuatan yang sangat besar. Kekuatan ini akan membuat desa selalu aman dari gangguan para musuh. Apabila ada musuh yang mendekat, tengkorak ini akan menghadang dengan memberikan tipuan-tipuan berupa suara menyeramkan.

Baca Juga : Ini Fakta Burung Enggang, Burung yang Dikeramatkan oleh Suku Dayak

Selain keselamatan, pembangunan dari Bangkawan juga dianggap memberikan apa yang namanya keberkahan. Penduduk di desa akan tenteram, banyak rezeki, dan pertanian dari mereka bisa berjalan dengan baik. Tanpa adanya Bangkawan, panen bisa gagal dan terjadi bencana seperti penyakit yang menyebabkan kematian.

Saat pulang dari perang atau berburu, semangat dari para pahlawan biasanya akan kendur. Hal ini terjadi karena kekalahan atau mereka terkena tempelan roh jahat. Untuk mengembalikan semangat biasanya mereka meminum darah dari musuh. Beberapa suku juga mengonsumsi otak dan jantung musuh untuk mengembalikan semangat berperang yang mulai kendur.

Semangat dari pahlawan ini sangatlah penting bagi Dayak Dusun. Kalau semangat ini menurun atau para pahlawan merasa ngeri untuk berperang, kesialan akan datang bertubi-tubi. Itulah mengapa sesegera mungkin saat pahlawan pulang dari perang, dia akan segara disambut dengan ritual pembersihan agar semangatnya tetap terjaga untuk mengisi kepala di Bangkawan.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30