Ini Kata Dokter: Pasien ODP Covid-19 Tak Disarankan Puasa, Harus Banyak Minum Air

Ini Kata Dokter: Pasien ODP Covid-19 Tak Disarankan Puasa, Harus Banyak Minum Air

Yuli Nopiyanti
2020-04-26 09:59:33
Ini Kata Dokter: Pasien ODP Covid-19 Tak Disarankan Puasa, Harus Banyak Minum Air
Ilustrasi sakit tengorokan pada ODP Pasien virus corona (Foto:Dok.Istimewa)

Ditengah pandemi virus corona dan  menjalankan ibadah puasa memang wajib hukumnya bagi mereka yang sehat. Namun dengan adanya pandemi seperti sekarang ini, beberapa kategori pasien terkait virus corona disarankan untuk tak berpuasa.



Namun misalnya pada Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang merupakan pasien dengan gejala ringan, namun berisiko menularkan. Biasanya pasien ini tidak akan diobservasi, dan bisa melakukan karantina mandiri di rumah selama 14 hari.



Tak hanya itu saja bahkan meskipun gejalanya sangat ringan, tapi sistem imun pada pasien ODP sudah melemah, dan menurut seorang ahli penyakit dalam dr. Ceva Wicaksono Pitoyo, SpPD, K-P FINASIM, KIC menyarankan mereka untuk sebaiknya tak berpuasa. Apalagi mereka yang sudah PDP sangat tidak disarankan untuk berpuasa, ini terkait imunitas yang sangat lemah.



Beda hal dengan yang terkonfirmasi positif tanpa gejala (OTG), lanjut dr Ceva, mereka masih bisa berpuasa. Meskipun sembari berpuasa, pasien dengan kriteria ini masih harus tetap memantau kesehatan. Caranya dengan memenuhi asupan nutrisi kaya vitamin dan antioksidan yang terutama meningkatkan sistem imun.



"Tapi ketika sudah merasa demam atau sakit tenggorokan sebaiknya terpaksa tidak berpuasa dahulu, dan minum air putih yang cukup," terangnya dalam live yang diadakan PAPDI Forum Webinar pada Kamis 23 April 2020.


Lebih lanjut, Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, K-AI, FINASIM menjelaskan, bahwa puasa bisa meredam inflamasi dalam tubuh. Dengan begitu, mereka yang OTG dan pengin berpuasa justru akan lebih baik karena bisa meminimalisir peradangan dalam tubuh.



Tak hanya itu saja lantas dibeberkan juga oleh dr. Ceva, memang dalam kasus virus corona di Indonesia ini hampir 70-80 persen pasiennya merupakan mereka yang positif tanpa gejala (OTG). Biasanya ditandai dengan badan pegal atau meriang. 


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24