Komisi XI DPR Meminta Pemerintah batalkan Kenaikan Iuaran BPJS

Komisi XI DPR Meminta Pemerintah batalkan Kenaikan Iuaran BPJS

adminweb
2020-02-19 16:00:00
Komisi XI DPR Meminta Pemerintah batalkan Kenaikan Iuaran BPJS
Foto: Istimewa

Pemerintah kembali melakukan rapat gabungan bersama dengan para anggota DPR IX, Selasa 18 Februari 2020. Dalam rapat kali ini, pemrintah bersama DPR akan membahas terkait pembiayaan selisih biaya kenaikan iuran BPJS Kesehatan bagi Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) Kelas III, data peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan peran serta Pemerintah Daerah dalam Program JKN.


Wakil ketua komisi IX Nihayatul Wafiroh mengatakan, pihaknya meminta pemerintah membatalkan kenaikan iuran BPJS Kesehatan yang telah diimplementasikan pada awal Januari 2020. 

"Menjelaskan keputusan tersebut mengacu pada pelaksanaan data cleansing atau pembersihan data di kementerian sosial yang belum juga selesai," kata Wakil ketua komisi IX Nihayatul Wafiroh di Gedung DPR, Selasa 18 Februari 2020.


Politikus PKB tersebut, mengatakan data yang telah dihimpun nantinya akan menajdi penentu siapa saja yang masuk kedalam penerimaan  bantuan subsidi pemerintah atau tidak. Lebih lanjut, dia menambahkan saat ini  data penerima bantuan dari pemerintahan saja masih belum jelas dimana masih ada beberapa yang sudah meninggal  tercatat di keanggotaan. Bahkan masih banyak masyarakat mampu yang masih menerima bantuan iuran dari pemerintah.


Disisi lain, Menteri Sosial Juliari Batubara menjelaskan, proses pembersihan data sedang dilakukan oleh pihaknya dan masih berlangsung. Pihaknya juga tidak melakukan sendiri dan harus terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah hingga Pemerintah Kabupaten.


"Kemensos masih on going melakukan cleansing data karena ini jumlahnya besar sekali dan kami tidak mungkin melakukannya sendiri tanpa dibackup oleh Pemda khususnya kabupaten kota. Mereka akan kirimkan usulan dari daerah masing-masing nama-nama yang harus masuk dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial)," jelasnya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24