4 WNI Positif Terinfeksi Corona, Retno Layangkan 3 Permintaan

4 WNI Positif Terinfeksi Corona, Retno Layangkan 3 Permintaan

adminweb
2020-02-19 10:42:47
4 WNI Positif Terinfeksi Corona, Retno Layangkan 3 Permintaan
foto instagram

Sebanyak tiga warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi kru Kapal Pesiar Diamond Princess positif terjangkit virus corona. Kapal tersebut dikarantina di Perairan Yokohama, Jepang.

"Berdasarkan komunikasi kita terakhir, termasuk pembicaraan dengan Dubes Jepang, maka diperoleh informasi bahwa tiga dari 78 kru WNI dinyatakan confirm (positif)," ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa 18 Februari 2020.

Dua WNI yang positif terinfeksi virus corona telah dibawa ke rumah sakit di daerah Kota Chiba, Jepang.

"Sementara yang satunya sedang menjalani proses untuk menuju rumah sakit sehingga per detik ini, teman-teman, saya belum dapat menyampaikan satu WNI dibawa ke rumah sakit mana," kata Retno.

Perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Jepang langsung menuju ke Kota Chiba, Jepang setelah mengetahui jika ada WNI yang terinfeksi virus corona untuk memastikan WNI tersebut mendapatkan penanganan medis yang tepat.

"Tim KBRI mungkin sudah berada di Chiba, per pagi tadi mereka sedang menuju ke Chiba untuk memastikan WNI kita mendapatkan penanganan yang baik dari otoritas di Jepang," kata Retno.

Diketahui 75 kru masih bertahan di kapal pesiar di Peraian Yokohama, Jepang.

Phak Retno telah melakukan koodinasi dengan pemerintah Jepang dan perusahaan kapal untuk segera mengevakuasi 75 WNI yang menjadi kru kapal pesiar Diamond Princess.

"Opsi evakuasi sejak awal dibuka dan kita terus-menerus koordinasi dengan otoritas di Jepang dengan perusahaan kapal tersebut," kata Retno.

Retno telah meminta tiga permintaan kepada Pemerintah Indonesia kepada Pemerintah Jepang terkait keberadaan WNI yang menjadi kru kapal pesiar Diamond Princess di Perairan Yokohama, Jepang.

Permintaan itu disampaikan Retno saat bertemu dengan Dubes Jepang di Jakarta, Selasa  18 Februari 2020.

"Pertama meminta perhatian kondisi kesehatan para kru kapal, termasuk kru WNI yang jumlahnya 78," ucap Retno.

Permintaan kedua, Pemerintah Indonesia meminta informasi detail terkait setelah masa karantina di kapal Diamond Princess oleh Pemerintah Jepang pada Rabu 19 Februari 2020.

"Yang ketiga meminta otoritas Jepang memastikan agar perusahaan dapat menjamin hak-hak kru tidak terbangkang," kata Retno.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30