Dekan Unibraw Nilai Erick Thohir Bisa Jadi Penentu Kemenangan Pilpres 2024

Dekan Unibraw Nilai Erick Thohir Bisa Jadi Penentu Kemenangan Pilpres 2024

Ajeng Conny Pradestina
2022-06-11 12:43:24
Dekan Unibraw Nilai Erick Thohir Bisa Jadi Penentu Kemenangan Pilpres 2024
Menteri BUMN Erick Thohir (foto: Dok. BUMN)

Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, Andy Fefta Wijawa, MDA., Ph.D,  menilai Erick Thohir bisa jadi penentu kemenangan dalam pilpres 2024. Menurutnya, tokoh pendamping capres juga memegang peran penting dalam meningkatkan elektabilitas pasangan capres dan cawapres.

"Sehingga tokoh pendamping capres juga memegang peran yang sangat penting untuk meningkatkan elektabilitas. Capres yang dipasangkan dengan Erick Thohir mampu meningkatkan elektabilitas,” ujar Andy.

Baca juga: Muda dan Cerdas, Pengamat Menilai Erick Thohir Miliki Modal Menangkan Pilpres 2024

Andy menyebut bahwa hasil survei yang dibuat oleh Poltracking Indonesia menunjukan elektabilitas yang dimiliki oleh pasangan Ganjar dan Erick merupakan yang tertinggi. 

Diketahui menurut hasil survei tersebut, eektabilitas pasangan Ganjar Erick mencapai 27,6%. Sedangkan simulasi calon pasangan yang dibuat Poltracking Indonesia untuk Prabowo Subianto-Puan 20,7%. Hal ini dikarenakan Erick Thohir sendiri memiliki elektabilitas mencapai 12,4% yang cukup menentukan kemenangan di pilpres 2024.

“Bahkan hasil survei yang dibuat Poltracking, elektabilitas pasangan Ganjar dan Erick Thohir merupakan yang tertinggi," imbuhnya.

Namun menurut Andy, survei elektabilitas yang dibuat oleh berbagai lembaga survei akan terus berubah hingga menjelang pilpres 2024 mendatang. Ia menambahkan bahwa para tokoh yang akan maju di pilpres tidak boleh puas hanya dengan melihat hasil survei dari lembaga survei.

Lebih lanjut, ia berpesan agar seluruh kandidat capres dan cawapres terus menunjukan kinerja terbaiknya pada masyarakat khususnya yang belum pernah bertarung di pilpres 2024.

"Terlebih lagi tokoh yang digadang-gadang menjadi capres seperti  Ganjar dan Anies serta cawapres seperti Erick Thohir bukan merupakan pemilik partai. Tokoh pemilik partai kan Prabowo, Puan dan AHY. Nilai tawar antara tokoh pemilik partai dan tidak tentu akan berbeda. Faktor pemilik partai juga menentukan. Pak Erick merupakan tokoh yang saat ini bersinar dan kalau beliau mau sukses di pilpres ia harus terus menunjukan kerja nyatanya di BUMN," ungkap Andy.

Baca juga: Konsisten, Erick Thohir Masuk Tiga Besar Cawapres dalam Survei Poltracking

Sementara itu, Andy menilai pertemuan Presiden Jokowi dan Ganjar serta Erick di Batang menunjukan sinyal kuat dukungan Jokowi ke tokoh Nasional yang akan maju di Pilpres 2024.

"Jokowi sebagai calon mantan presiden juga ingin menjadi king maker di perpolitikan Nasional dikemudian hari. Beliau juga memberikan ruang dan dukungan bagi semua tokoh potensial yang akan maju di pilpres 2024. Sehingga ketika nanti menjadi mantan presiden, keberadaan beliau masih diperhitungkan di kancah politik Nasional.  Meski beliau tak memiliki partai. Kalau Projo terlalu kandidat sentris, maka mereka sendiri yang akan rugi," kata Andy.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30