Kisah Misteri Kelenteng Surga Neraka di Singkawang

Kisah Misteri Kelenteng Surga Neraka di Singkawang

Ekel Suranta Sembiring
2021-02-16 21:51:38
Kisah Misteri Kelenteng Surga Neraka di Singkawang
Kelenteng Surga Neraka di Singkawang (foto: peladangkata.com)

Kuil Wihara Dharma Suci Mulia atau kerap dinamai warga setempat Kelenteng Surga Neraka berada di punggung Gunung Pasi, Singkawang, Kalimantan Barat, memiliki kisah misteri.

Terdapat beberapa bangunan dalam satu lingkungan kelenteng. Umat yang ingin bersembahyang harus mengetahui urutan bangunan tersebut agar dapat menancapkan dupa sesuai urutannya. 

Baca Juga: Cerita Misteri Aula Kelurahan di Semarang, Konon Kerap Muncul Pocong dan Kuntilanak

Saat masuk ke dalam kelenteng Anda akan melewati tangga dengan anak tangga paling bawah dialiri air. Air tersebut berfungsi untuk membersihkan kaki agar siapapun yang memasuki kelenteng ada dalam keadaan bersih. 

Julukan Surga Neraka diberikan karena di kelenteng ini pengunjung akan melihat gambaran kehidupan setelah kematian berdasarkan ajaran Taoisme.

Baca Juga: Cerita Mistis Goa Istana Alas Roban, Tempat Bung Karno Bersemedi

Ada surga untuk manusia berbakti dan gambaran siksa neraka untuk para pendosa. Penghitungan amal dan dosa juga diilustrasikan melalui persidangan.

Total ada tujuh bangunan kuil yang melambangkan surga di langit ketujuh. Letaknya menyebar dan meningkat sebagai simbol dari tangga menuju surga. Banyak warga melakukan pemujaan sebagai bentuk penghormatan dan permohonan izin kepada dewa dan leluhur pada kuil pertama.

Kuil kedua yang ada di bagian atas sebelah barat meyuguhkan gambaran surga dan neraka. Sementara kuil ketiga yang berada di samping kirinya digunakan untuk memuja arwah pemimpin dan pahlawan atau raja duniawi.

Terdapat sebuah kepercayaan dalam kelenteng ini. Di antara dua kuil ketujuh ada kolam yang digunakan untuk ritual koin. Konon, mereka yang berhasil melempar koin ke seberang kolam akan dikabulkan doa dan permintaannya. Tetapi jangan lupa berdoa sembari menggenggam koin dan mengayunkan kedua tangan terlebih dahulu.

Bagi pengunjung yang tidak memiliki koin, Anda bisa menukarnya terlebih dahulu di pintu masuk Kelenteng dekat dengan loket informasi.

Baca Juga: Cerita Misteri Terowongan Tegalwangi di Cirebon, Dihuni Beberapa Sosok Gaib ini

Selain orang-orang Tionghoa, masyarakat dari berbagai daerah dan kalangan pun kerap kali berkunjung ke Kelenteng Surga Neraka. 

Beberapa dari mereka penasaran dengan keunikan yang dimiliki kelenteng, dan beberapa lainnya ingin menikmati keindahan alam di sekitar kelenteng.

Pengurus kelenteng juga mengizinkan bagi pengunjung yang hanya ingin bersantai sembari memandang hamparan hijau pepohonan dan menikmati semilir angin. 

Dari Kelenteng Surga Neraka memang terlihat jelas pemandangan wilayah hijau Singkawang hingga batas panti. Asalkan bukan di tempat yang digunakan untuk beribadah dan selalu menjaga kesopanan.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24