Cerita Mistis Jro Mangku, Dihadang Sosok Raksasa Ketika Mau Membawa Benda ini dari Goa Giri Kencana Bali

Cerita Mistis Jro Mangku, Dihadang Sosok Raksasa Ketika Mau Membawa Benda ini dari Goa Giri Kencana Bali

Ekel Suranta Sembiring
2020-11-14 19:06:26
Cerita Mistis Jro Mangku, Dihadang Sosok Raksasa Ketika Mau Membawa Benda ini dari Goa Giri Kencana Bali
Jro Mangku Gede Subrata (foto: radarbali.jawapos)

Goa Giri Kencana yang berada di Dusun Dalem, Tianyar Tengah, Kubu, Karangasem, Bali memiliki banyak cerita mistis dari seorang Jro Mangku Gede Wayan.

Banyak cerita yang berbau mistis disampaikan Jro Mangku. Bahkan pernah diceritakan salah satu muridnya yang sedang mekemit di goa tersebut mendengar suara seperti desahan nafas.

Desahan nafas tersebut menurut Jro mangku berasal dari penghuni goa yakni sesosok ular naga.

Baca Juga: Cerita Misteri Jurang Tangis di di Jalur Hutan Baluran Situbondo-Banyuwangi, Sering Terdengar Suara Wanita Menangis

Tak hanya cerita mistis tentang penunggu ular naga. Menurutnya, kejadian mistis lain juga terjadi saat ada pengunjung yang mengambil foto begitu di cek ternyata muncul benda-benda lain yang awalnya tidak ada.

Kini goa itu itu ramai dikunjungi untuk meditasi dan juga untuk penyembuhan. Bahkan mereka yang datang untuk mekemit dan mencari tujuan tertentu tercapai.

“Ada yang awalnya sesak nafas, begitu mekemit di goa untuk mendapat kesembuhan akhirnya terkabul,” ujarnya.

Jro Mangku Gede sendiri mengaku tidak menjalankan ritual pengobatan dan tidak bisa melakukan pengobatan. Namun banyak warga yang kesana mengaku mendapat kesembuhan begitu mekemit.

“Mungkin ada proses penyembuhan sendiri,” ujarnya.

Di dekat gua ini ada warga juga pernah menemukan kera putih seperti Hanoman.

Sementara itu Goa ini juga masih ada kaitanya dengan Gede Dana.

Baca Juga: Deretan Pohon Disukai Mahluk Halus Versi Bang Muhammad

Karena menurut Dana ada salah satu kakeknya yang pernah tinggal di goa ini ratusan tahun lalu.  Orang tersebut teruna tua atau tidak menikah.

Bahkan abu tempat dia memasak masih ada sebelum goa tersebut di bersihkan. “Jejaknya masih ada, sempat di temukan abu di gua ini,” ujar Dana.

Di gua ini sendiri akan didirikan pasraman Goa Giri Kencana. Sementara Ketut Berata yang dalam kondisi tuna netra mengakui semenjak sering mekemit dan belajar di tempat ini banyak kemudahan yang dia rasakan. Sebagai orang tuna netra bersama istrinya mengaku awalnya agak gagal untuk bicara. Namun sejak sering ke goa ini sekarang bicara pun lebih lancer dan percaya diri.

Sementara setiap Purnama Kliwon di tempat ini digelar upacara. Dan banyak juga warga yang datang untuk meditasi dan belajar. Upacara piodalan untuk buku dan persembahyangan juga di gelar saat Saraswati serta Purnama Tilem.

Baca Juga: Cerita Misteri Sosok Yu Djiyem yang Sering Terlihat di Jembatan Gondolayu Yogya

Bahkan saat hari Raya Siwa Latri mendatang akan digelar perayaan juga. Bahkan Ide Pandita Nabe akan datang saat upacara tersebut.

Sementara ada juga warga percaya kalau tanah yang ada di dinding gua bisa untuk penyembuhan. Sehingga ada yang mengambil untuk di seduh. “Ada warga yang sering kesurupan, diajak kesini tidak pernah kumat lagi,” ujar Jro Mangku Subrata.

Pun saat ditanya rencana temuan tulang rahang , Jro Mangku sendiri mengaku akan tetap menempatkan dan menyungsungnya di goa. “Kami tidak berani membawa keluar,” ujarnya.

Alasannya, kata dia karena pernah ada pengalaman dimana saat Tulang Rahang dan juga Cincin tersebut sempat dibawa keluar goa.

Ini dilakukan untuk bertanya apa sebenarnya tulang tersebut. Namun Jro Mangku mengaku seperti dihadang sosok manusia besar mirip raksaa sehingga gagal membawa keluar tulang rahang .

Jika ini merupakan benda purbakala dan pihak pemerintah ingin menelitinya, Jro Mangku mempersilakan. Hanya saja dirinya berharap temuan tersebut tetap di simpan di goa.

Sumber: Jawa Pos


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30