Mengulas Hari Ayah yang Selalu Tidak Seheboh Hari Ibu

Mengulas Hari Ayah yang Selalu Tidak Seheboh Hari Ibu

Ahmad
2020-11-12 19:58:31
Mengulas Hari Ayah yang Selalu Tidak Seheboh Hari Ibu
Foto: Twitter

Setiap 12 November, Indonesia merayakan Hari Ayah Nasional. Meskipun tidak seheboh Hari Ibu.

Hari Ayah pertama kali di deklarasikan saat sebuah buku yang berjudul Kenangan Buat Ayah diluncurkan pada tahun 2014. Peristiwa tersebut ditandai dengan penyerahan buku kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono serta Bupati 4 penjuru Indonesia yaitu Sabang, Merauke, Talaud sampai Pulau Rote. 

Kehadiran Buku itu diawali justru saat perayaan Hari Ibu 22 Desember. Ketika anak anak menanyakan Kapan Peringatan Ayah? Sehingga muncul wacana Peringatan Hari Ayah Nasional. Sejak itulah ditetapkan Hari Ayah Nasional menjadi hari yang di peringati di Indonesia.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Hari Ayah Nasional yang Bisa Dibagikan di WhatsApp

Lebih lanjut, Komisioner KPAI Bidang Hak Sipil dan Partisipasi Anak, Jasra Putra mengatakan, saat mengulas balik sejarah, kita tersadar betapa peran Ayah sangat didambakan dan dirindukan anak anak. 

Meski Ayah sedari pagi berangkat mencari nafkah dan pulang ketika matahari sudah tenggelam. Anak anak tetap memperhatikan ayahnya. 

Hari Ayah memang tidak sepopuler Hari Ibu, secara sederhana bisa kita jawab karena anak dilahirkan dari rahim seorang Ibu dan dalam perkembangan awal, anak sangat menggantungkan peran dari seorang Ibu. 

Untuk itulah Hari Ibu disambut antusias oleh anak anak. Rasa berterima kasih tak berkesudahan dirasakan anak anak untuk Ibunya, sehingga sampai ada bahasa Kasih Sayang Ibu sepanjang masa dan kasih sayang anak sepanjang galah.

Ayah sendiri adalah sosok figur keluarga yang di perankan pencari nafkah keluarga. Sehingga menjadi aib ketika seorang Ayah di rumah saja. Berbagai stigma akan muncul dari lingkungan. Konstruk budaya menyebabkan Ayah terpenjara dalam makna tersebut. 

Baca Juga: Tagar #Selamat Hari Ayah Puncaki Trending Twitter

Ayah merupakan seseorang yang bekerja dari pagi sampai malam, sehingga lebih digambarkan tidak sempat mengurusi keluarga dan urusan domestik. Sehingga di luar hari kerjanya anak anak sangat merindukan ayahnya. 

Sehingga Ayah ditempatkah jauh dari lembaga keluarga. Hal inilah yang menjadi latar belakang kuat saya mendeklarasikan Gerakan Ayah Hebat pada saat menjabat di Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah. Bagi saya peran Ayah sangat sentral dalam membangun pusat dukungan di keluarga, yang itu saya rasakan sendiri. 

Mulai dari persiapan menjadi calon Ayah, menjadi Ayah buat keluarga dan masa depan anak anak (mulai dari perencanaan mempunyai anak dan pendidikan yang akan kita berikan.

Seorang anak pada kenyataannya membutuhkan figur Ayah dan Ibu dalam pertumbuhannya, meski mereka berpisah sekalipun. 

Fungsi Ayah di Masa Pandemi Corona

Saat ini peran Ayah di masa pandemi corona juga sangat dinanti keluarga, dalam rangka memutus penularan corona.

Karena saat ini kluster keluarga dan keramaian menjadi perhatian Gugus Tugas Covid 19. Sesuatu yang tidak mudah untuk di sosialisasikan pemerintah sampai di setiap keluarga.

Untuk itu momentum Hari Ayah Nasional ini adalah momentum berharga, untuk  Ayah membantu, menjadi pusat dukungan yang dibutuhkan keluarga dalam menjaga protokol kesehatan di rumah. Hari Ayah Nasional saat ini benar benar dapat memajukan peran Ayah. Yang semoga menjadi agenda massif di momen Hari Ayah kali ini.

Kita berharap Gerakan ini menjadi pemandu para Ayah untuk tidak ragu menjadi Ayah Hebat di tengah keluarganya. Selamat Hari Ayah Nasional, Cintai Istri, Cintai Anak, Cintai Keluarga, Karena merekalah jawaban kebahagiaan para Ayah Hebat Indonesia


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24