Kemenparekraf Bantu 17.000-an Pekerja Wisata yang Terdampak Covid-19 di Sumut

Kemenparekraf Bantu 17.000-an Pekerja Wisata yang Terdampak Covid-19 di Sumut

Enda Tarigan
2020-07-01 19:04:02
Kemenparekraf Bantu 17.000-an Pekerja Wisata yang Terdampak Covid-19 di Sumut
Kepala Dinas Pariwisata Sumut, Ria Novida Telaubanua

Pemerintah berupaya membantu pekerja di sektor pariwisata yang terdampak pandemi Covid-19 di Sumatera Utara. Total ada kurang lebih 17.000 orang yang bekerja di sektor tersebut.

"Jumlah pekerja yang terdampak Covid-19 itu berdasarkan laporan dari perusahaan yang bergerak di sektor pariwisata Sumut," ujar Kepala Dinas Pariwisata Sumut Ria Novida Telaumbanua di Medan, Selasa (30/6/2020).

Baca Juga: Wah Kabar Gembira Internet Indonesia Lelet, Facebook Bakal Bikin Jadi Ngebut

Menurutnya, pariwisata memang yang paling pertama dan sangat merasakan dampak negatif terbesar dari pandemi Covid-19.

"Pemerintah pusat dan Pemprov Sumut terus berusaha menolong sektor pariwisata, termasuk para pekerja dari keterpurukan akibat Covid-19," katanya.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) misalnya, sudah mengalokasikan 16.100 paket sembako dan makanan siap saji untuk pekerja pariwisata terdampak Covid-19 di Sumut. Bantuan ini akan disalurkan melalui Politeknik Pariwisata Medan dan dibagikan kepada mereka yang berhak.

Baca Juga: Ini 5 Provinsi di Wilayah Indonesia Nihil Kasus Corona Hari Ini

Selain itu, Pemprov Sumut menyerahkan kebijakan soal normal baru untuk sektor pariwisata ke masing-masing kabupaten kota. Karena pemerintah daerah yang mengetahui pasti kondisi masyarakatnya di tengah pandemi Covid-19.

"Tentunya kalau suatu destinasi wisata dibuka, maka pemkab atau pemkot dan pengelola objek wisata harus menerapkan protokol kesehatan, mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung," katanya.

Direktur Politeknik Pariwisata Medan Anwari Masatif mengatakan, mewakili Kemenparekraf/Baparekraf, kampus tersebut bersama polisi dan Dinas Pariwisata Sumut serta asosiasi pariwisata telah menyalurkan bantuan kepada penerima yang berhak.

"Sebagai perwakilan Kemenparekraf Poltekpar Medan juga menyediakan tempat, tenaga kerja untuk membantu dalam menyusun paket sembako," katanya.

Penulis: Stepanus Purba
Editor: Enda Tarigan

Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30