Canggih, Alat Tes Portabel AS Mampu Deteksi Covid-19 Hanya 5 Menit

Canggih, Alat Tes Portabel AS Mampu Deteksi Covid-19 Hanya 5 Menit

adminweb
2020-03-28 13:30:00
Canggih, Alat Tes Portabel AS Mampu Deteksi Covid-19 Hanya 5 Menit
Foto Istimewa

Kini Amerika Serikat (AS) telah memiliki alat tes portabel superkilat yang mampu mendeteksi apakah seseorang terinfeksi virus corona COVID-19 atau tidak hanya dalam waktu lima menit.

Diketahui alat tes tersebut diluncurkan Abbot Laboratories, yang merupakan sebuah laboratorium yang berbasis di Amerika Serikat.

Abbot Laboratories, dalam sebuah pernyataan, mengatakan telah mendapatkan mandat darurat untuk segera membuat alat tes dalam waktu dekat yang nantinya alat tersebut akan diperuntukkan bagi layanan kesehatan medis.

Alat tes portabel tersebut seukuran pemanggang roti kecil serta menggunakan teknologi molekuler.

"Pandemi COVID-19 akan diperjuangkan di berbagai bidang, dan uji molekuler portabel yang menawarkan hasil dalam hitungan menit menambah berbagai solusi diagnostik yang diperlukan untuk memerangi virus ini," kata Presiden Abbot Laboratories yang juga Chief Operating Officer (COO) laboratorium tersebut, Robert Ford.

"Ukuran alat tes yang kecil berarti dapat digunakan di luar empat dinding rumah sakit di titik panas wabah," ujar Ford, Sabtu 28 Maret 2020.

Menurut Ford, alat tersebut nantinya akan didistribusikan ke pusat-pusat penyebaran virus corona yang akan dikirimkan oleh Abbot Laboratories besama dengan FDA.

Menurut pihak Abbot Laboratories, penggunaan alat tes itu masih di kaji lebih lanjut karena belum disetujui oleh AFD sepenuhnya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30