Surat WHO Sarankan Indonesia Tetapkan Status Darurat Nasional, Ini Respon Istana

Surat WHO Sarankan Indonesia Tetapkan Status Darurat Nasional, Ini Respon Istana

adminweb
2020-03-14 12:32:36
Surat WHO Sarankan Indonesia Tetapkan Status Darurat Nasional, Ini Respon Istana
Foto Istimewa
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima surat dari WHO yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal WHO Thedros Adhanom pada Selas, 10 Maret 2020.

Dalam surat itu, Thedros memuji upaya pemerintah RI yang tanggap dalam menangani kasus virus corona. WHO juga menyarankan Pemerintah Indonesia untuk melakukan langkah tepat dalam mencegah dan menangani penyebaran virus corona. Salah satunya dengan menetapkan status darurat nasional sesuai arahan WHO.

"Tingkatkan mekanisme tanggap darurat, termasuk mendeklarasikan darurat nasional," tulis Thedros dalam suratnya.

WHO juga menyarankan untuk terus meningkatkan kapasitas laboratorium dan meminta pengetesan spesimen dilakukan pada semua orang yang mengalami influenza dan gangguan pernapasan.

"Pengetesan spesimen tak hanya dilakukan pada yang telah melakukan kontak dengan pasien positif corona, tetapi semua orang dengan influenza dan gangguan pernapasan," kata Tedros dalam suratnya.

Menurut Thedros, pemerintah Indonesia dinilai sudah detail dalam memberikan informasi dan  laporan-laporan terkait virus corona yang ada di Indonesia

"Sangat penting bagi WHO menerima data tersebut untuk memfasilitasi asesmen risiko yang lebih komprehensif secara global," tulis Thedros.

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman mengungkapkan jika pemerintah ndonesia telah menjalankan beberapa saran yang telah disampaikan WHO. Salah satunya dengan menerbitkan Keppres Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 yang bertujuan untuk memfokuskan percepatan penangan virus corona.

"Sebagian besar rekomendasi dalam surat tersebut sudah dijalankan oleh pemerintah Indonesia selama wabah Covid-19 ini," kata Fadjroel.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30