Beredar Foto Masjidil Haram Kosong di Medsos, Hoaks atau Nyata?

Beredar Foto Masjidil Haram Kosong di Medsos, Hoaks atau Nyata?

adminweb
2020-03-05 23:52:47
Beredar Foto Masjidil Haram Kosong di Medsos, Hoaks atau Nyata?
Foto: Istimewa

Beredar foto Masjidil Haram yang kosong tanpa terlihat seorang jemaah pun viral di media sosial. Mulanya beredar pesan berantai yang mengatakan jika Masjidil Haram kosong lantaran kebijakan pemerintah Arab Saudi yang menangguhkan sementara umrah mulai Kamis 27 Februari 2020 lalu, hingga waktu yang belum dapat ditentukan guna mengantisipasi adanya penyebaran virus corona di negara Arab Saudi.



Diketahui Masjidil Haram merupakan tempat dimana umat Islam menunaikan tawaf, yakni mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali yang merupakan bagian dari ibadah umrah.



Menanggapi hal tersebut, Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali, langsung membantah kabar terkait kondisi Masjidil Haram yang kosong dari jemaah. Endang menuturkan, jika jumlah jemaah di Masjidil Haram tidak sampai kosong namun jumlahnya memang sedikit berkurang dari biasanya.



"Ah hoaks itu, memang kuantitasnya berkurang, tapi tidak seperti apa yang disebutkan di atas (kosong)," jelas Endang, Senin 2 Maret 2020.



Menurut Endang jumalah jemaah umrah yang berada di Makkah dan Madinah masih banyak. Bahkan, warga Arab Saudi masih banyak yang melakukan tawaf di Masjidil Haram.



"Sekiranya data kita sebelum ada penghentian umrah saja masih terdapat kisaran 25.000 jemaah umrah yang masih ada di Masjidil Haram Makkah dan Madinah. Warga Saudi masih intens ke Masjidil Haram kok," tutur Endang.



Masyarakat bisa memantau Tawaf di Masjidil Haram di YouTube 24 jam melalui Makkah Live atau situs lainnya. Jemaah yang tawaf di siang hari terlihat lebih sedikit. Akan tetapi, jemaah kembali ramai ketika matahari hampir terbenam.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30