WHO Tak Terkejut Saat Indonesia Melaporkan Terinveksi Virus Corona

WHO Tak Terkejut Saat Indonesia Melaporkan Terinveksi Virus Corona

adminweb
2020-03-03 10:11:51
WHO Tak Terkejut Saat Indonesia Melaporkan Terinveksi Virus Corona
Foto Istimewa

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan tak terkejut dengan apa yang disampaikan Presiden Jokowi terkait dua warganya yang positif terinfeksi Virus Corona.

"Kami tidak terkejut atas pengumuman ini dan kami bisa mengantisipasi lebih banyak kasus di kemudian hari," ujar perwakilan WHO untuk Indonesia Paranietharan dalam keterangan tertulis, Senin, 2 Maret 2020. Menurutnya, deteksi dini dan konfirmasi dari laboratorium terhadap kasus-kasus yang terjadi kini menjadi sangat penting.

Paranietharan mengatakan WHO telah bersinergi dengan pemerintah Indonesia untuk mempersiapkan penanganan atas penyebaran virus ini.

"Kini kondisi ini sudah nyata, sehingga sangat penting bagi kami memastikan semua kegiatan yang telah direncanakan bisa diimplementasikan secara cepat."

WHO memperingatkan empat hal yang bisa dilakukan masyarakat untuk mnegendlikan penyebaran virus tersebut di lingkungan masing-masing, diantaranya adalah dengan secara berkala mencuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun atau menggunakan cairan pembersih beralkohol.

Selain itu, ketika batuk atau bersin, sebaiknya menutup mulut dan hidungnya. Buang tisu yang telah digunakan dan segera cuci tangan. Masyarakat juga disarankan untuk tidak terlalu dekat dengan orang yang sedang mengalami demam dan batuk.

Disarankan bagi masyarakat yang mengalami demam, batuk, atau sesak nafas untuk segera menghubungi petugas medis di fasilitas kesehatan serta melaporkan siapa orang terakhir yang ditemui dan diduga terjangkit COVID-19.

"COVID-19 kerap menyebabkan gejala ringan dan anak-anak jarang diketahui mengalami gejala berat," ujar Paranietharan. Risiko mengidap gejala berat, kata dia, cukup tinggi untuk warga dengan usia di atas 60 tahun dan mereka yang sudah memiliki penyakit seperti diabetes atau penyakit jantung.

Diketahui pada Senin, 2 Maret 2020 telah ada kasus positif virus corona di Indonesia. Disebutkan dua orang warga negara Indonesia tertular dari warga negara Jepang yang positif Corona, kemudian datang ke Indonesia beberapa waktu lalu.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30