Penggunaan Dana APBN Untuk Dorong Bidang Pariwisata Indonesia

Penggunaan Dana APBN Untuk Dorong Bidang Pariwisata Indonesia

correcto
2020-02-26 07:15:00
Penggunaan Dana APBN Untuk Dorong Bidang Pariwisata Indonesia
foto instagram

Dalam rangka mendorong sektor pariwisata, pemerintah menyiapkan stimulus. Stimulus tersebut berasal dari berbagai rancangan yang telah diputuskan oleh pemerintah. Pertama menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Kita berikan tambahan anggaran Rp 298,5 miliar untuk insentif airline dan travel agent dalam rangka datangkan wisatawan asing ke dalam negeri," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani, Selasa 25 Februari 2020.

Dana APBN juga diberikan untuk wisatawan daerah. Sebanyak Rp 443,39 miliar kompensasi disiapkan untuk mengangkat 10 destinasi pariwisata yang ditetapkan.

Kompensasi tersebut berupa diskon 30% potongan harga tiket untuk 25% seat per pesawat. Sementara 10 destinasi wisata yang ditetapkan adalah Danau Toba, DI Yogyakarta, Malang, Manado, Bali, Mandalika, Labuan Bajo, Bangka Belitung, Batam, dan Bintan.

Selain itu, pemerintah juga menerapkan rancangan bebas pajak yang akan diterapkan pada hotel dan restoran selama 6 bulan di 10 destinasi wisata tersebut.

"Sebagai gantinya, untuk penerimaan daerah, daerah akan diberi kompensasi hibah. Kita perkirakan Rp 3,3 triliun dr pajak daerah ini yang akan kita bayarkan," terang Sri Mulyani.

Untuk memacu pariwisata, daerah juga akan mendapat hibah. Hibah sebesar Rp 147 miliar berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik pariwisata yang sekarang belum mampu digunakan daerah.


Share :