Kronologi Black Box Sriwijaya Air SJ-182 Ditemukan, Langsung Dibawa ke JICT

Kronologi Black Box Sriwijaya Air SJ-182 Ditemukan, Langsung Dibawa ke JICT

Foto
Black box atau kotak hitam milik pesawat Sriwijaya Air SJ-182 ditemukan oleh tim SAR, Selasa 12 Januari 2021 dan langsung dibawa ke posko di Dermaga JICT2, Jakarta Utara. Berikut kronologinya.Foto: Twitter

Black box atau kotak hitam milik pesawat Sriwijaya Air SJ-182 ditemukan oleh tim SAR, Selasa 12 Januari 2021 dan langsung dibawa ke posko di Dermaga JICT2, Jakarta Utara. Berikut kronologinya.

Dilansir dari Antara, Selasa 12 Januari 2021, black box tersebut ditemukan sekitar pukul 16.00 WIB. Estimasi waktu pelayaran dari titik KRI Rigel lempar sauh hingga ke Dermaga JICT perkiraannya sekitar 30 menit.

Sekedar informasi, black box atau kotak hitam adalah istilah dalam industri penerbangan untuk menyebut perekam data penerbangan elektronik, yang menggambarkan CVR (Cockpit Voice Recorder) atau FDR (Flight Data Recorder), atau kombinasi keduanya.

Baca Juga: Black Box Sriwijaya SJ-182 Sudah Ditemukan Lokasinya

Satu hal yang perlu diperhatikan tentang Black Box ini adalah bahwa warnanya bukanlah hitam, melainkan oranye. Alasannya, tentu saja agar lebih mudah ditemukan.

Sebelumnya, pesawat Sriwijaya Air nomor register PK-CLC SJ 182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak pada Sabtu 9 Januari 2021 pukul 14.40 WIB dan jatuh di perairan Kepulauan Seribu di antara Pulau Lancang dan Pulau Laki.

Pesawat jenis Boeing 737-500 itu hilang kontak pada posisi 11 nautical mile di utara Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang setelah melewati ketinggian 11.000 kaki dan pada saat menambah ketinggian di 13.000 kaki.

Baca Juga: Tagar #VaksinKitaDatangLagi Duduki Trending Twitter, Berikut Fakta-faktanya

Pesawat take off dari Bandara Soekarno Hatta pukul 14.36 WIB. Jadwal tersebut mundur dari jadwal penerbangan sebelumnya 13.35 WIB. Penundaan keberangkatan karena faktor cuaca.

Berdasarkan data manifest, pesawat yang diproduksi tahun 1994 itu membawa 62 orang terdiri atas 50 penumpang dan 12 orang kru. Dari jumlah tersebut, 40 orang dewasa, tujuh anak-anak, tiga bayi. Sedangkan 12 kru terdiri atas, enam kru aktif dan enam kru ekstra.



Tag :

kronologi black box sriwijaya air sj-182 ditemukanblack box sriwijaya air sj-182black box sriwijaya air sj-182 dibawa ke jictpesawat Sriwijaya Air SJ-182Sriwijaya Air SJ-182pesawat sriwijaya air jatuhpesawat sriwijaya air hilang kontaksriwijaya air rute jakarta-pontianak

Artikel Terkait :

  • Cerita Misteri 5 Jalan Angker di Semarang, Salah Satunya Jalan Silayur

  • Fakta Menarik Dibalik Pernyataan Said Aqil Siradj Sedekakan Gaji Sebagai Komut PT KAI, Melalui Laziznu

  • Ini Kata Arteta Terkait Gantikan Ronald Koeman Jika Pergi dari Barcelona

  • Fakta-fakta Virus Corona Inggris B117 Menurut Prof. dr. Zubairi Djoerban


  • Share to: