Klaim Sembuhkan Corona hingga Dikritik Kemenristek, Inilah Obat Corona Hadi Pranoto Hadi Pranoto

Klaim Sembuhkan Corona hingga Dikritik Kemenristek, Inilah Obat Corona Hadi Pranoto Hadi Pranoto

Foto
Foto: Instagram/duniamanji

Muncul dalam video Youtube Anji, Hadi Pranoto klaim punya obat Corona. Nama tidak disebut, namun Kemenristek merujuk ke Bio Nuswa dan tidak mendukungnya.

Hadi Pranoto sudah menunjukkan 'obat Corona' di Bogor. 

Dia menyebutnya ramuan herbal untuk antibodi pencegah COVID-19. Botolnya kecil, polos tanpa merk dan berisi cairan ramuan herbal.

Meski begitu, Kemenristek menyebut obat itu sebagai Bio Nuswa. Produknya memang beredar di pasaran, dijual di toko online. Nomor BPOM yang dipasang di e-commerce merujuk ke Bio Nuswa dalam situs Cek Produk BPOM.

Baca Juga: Ini yang Dilakukan PLN Biar Industri dan Rumah Tangga Tegar Selama Pandemi

"Kemenristek/BRIN melalui Konsorsium Riset dan Inovasi Untuk Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) dalam hal ini tidak pernah memberikan dukungan uji klinis obat herbal produksi Bio Nuswa yang diakui oleh Hadi Pranoto telah diberikan kepada pasien di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet," kata Kemenristek dalam pernyataan resminya.

Menurut Kemenristek, setiap pelaksanaan uji klinis harus mendapatkan persetujuan pelaksanaan uji klinis seperti oleh BPOM dan ethical clearance yang dikeluarkan oleh Komisi Etik.

Ramuan herbal ini diketahui telah didaftarkan ke Balai POM RI serta sudah mendapat Surat Izin Edar Nomor POM TR203636031 tanggal 14 April 2020. Nama produk Bio Nuswa didaftarkan PT Saraka Mandiri Semesta dari Kabupaten Bogor. Tidak disebutkan bahwa obat ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan gejala virus corona.

Sekedar informasi, Pasien yang terjangkit virus Corona atau Covid-19 di wilayah Indonesia. Hingga kini pasien bertambah sebanyak 1.922 sehingga kini totalnya menjadi 115.056.

Data penambahan kasus positif virus Corona di Indonesia ini disampaikan tim Humas BNPB pada Selasa, 4 Agustus 2020. Data perkembangan virus Corona ini disampaikan secara berkala setiap hari.

Baca Juga: Satgas: Jangan Tanya Kapan Pandemi Berakhir

Untuk pasien yang dinyatakan sembuh bertambah 1.813 menjadi 72.050 orang. Sementara, pasien yang dinyatakan meninggal dunia bertambah 86 menjadi 5.388 orang.

Sebelumnya, pada Senin, 3 Agustus 2020. Tercatat kasus positif virus Corona 113.134, sembuh 70.237 dan yang meninggal dunia mecapai 5.302.



Sumber: Detik, CNN, Kompas



Tag :

Obat Coronaramuan anti coronaanjivirus coronaHadi Pranoto

Artikel Terkait :

  • Ikatan Alumni Unpad hingga UI Rilis Jabar Culture & Tourism Festival, Maksimalkan Pariwisata Saat Pandemi

  • Fakta-Fakta Dibalik Pernyataan Jokowi Minta Masyarakat Tak Khawatir soal Virus Corona Inggris B117, Sudah Terdeteksi

  • Fakta-fakta Virus Corona Inggris B117 Menurut Prof. dr. Zubairi Djoerban

  • Komodo Milik Siapa, Indonesia atau Australia


  • Share to: