Foto
Petugas medis tengah menangani pasien yang terjangkit virus corona di sebuah rumah sakit di Wuhan. Foto: Reuters

Virus Corona Telah Menyebar ke 13 Negara, Ini Kata WHO

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) mencatat, kasus infeksi virus corona atau 2019-nCov yang telah dikonfirmasi bertambah menjadi 2.798 secara global per 27 Januari 2020. 

Di Cina, termasuk Hong Kong, Makau, dan Taipei, menurut WHO, terdapat beberapa kasus yang cukup menyita perhatian badan kesehatan ini.

"Di Cina, terdapat 2.741 kasus positif infeksi virus corona baru dan 5.794 kasus dugaan infeksi virus corona baru serta 461 yang sakit parah. Kemudian,  80 orang diantaranya dinyatakan telah meninggal dunia akibat infeksi virus tersebut," kata data yang dikeluarkan oleh WHO, dilansir dari Antara, Selasa (28/1). 

Lebih lanjut, dalam data tersebut WHO mencatat terdapat 37 kasus infeksi virus corona baru yang tersebar di 11 negara yakni Jepang (4), Korea Selatan (4), Vietnam (2), Singapura (4), Australia (4), Malaysia (4), Thailand (5), Nepal (1), Amerika Serikat (5), Kanada (1), dan Prancis (3).

Selain itu, dari 37 kasus yang terjadi di luar Cina, WHO melanjutkan dari 36 di antaranya terjadi pada orang yang punya riwayat perjalanan ke China, 34 di antaranya punya riwayat perjalanan ke Wuhan.

WHO menyatakan bahwa perkiraan masa inkubasi virus 2019-nCov dua sampai 10 hari dan mengingatkan bahwa penularan antar manusia bisa terjadi meskipun orang yang sudah terinfeksi belum menunjukkan gejala sakit.

Untuk menghindari infeksi virus tersebut, menurut badan kesehatan dunia, bisa dilakukan dengan menghindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit infeksi saluran pernapasan akut, cuci tangan menggunakan sabun khususnya setelah bertemu langsung dengan orang yang sedang sakit, menghindari kontak dengan hewan ternak atau hewan liar tanpa alat pelindung diri, dan menerapkan etika batuk.

Kepada fasilitas kesehatan, WHO menyarankan untuk  menerapkan standar pencegahan dan pengendalian penyakit infeksi, khususnya di bagian gawat darurat.

Sebelumnya, berdasarkan informasi dari Komisi Kesehatan Nasional Cina pada Minggu (26/1) siang, total jumlah pasien terinfeksi virus corona mencapai 2.762 orang, sementara total jumlah pasien terduga infeksi  mencapai 5.794 orang.

Jumlah pasien meninggal dunia akibat virus corona di China mencapai 80 orang dan wilayah yang terjangkit mencapai 29 provinsi/kota dari 31 provinsi/kota.


Share to: